Deretan Gunung di Dunia dengan Letusan Terdahsyat dalam Sejarah Peradaban

Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia – Dunia ini indah dengan banyaknya pemandangan alam yang membuatnya nampak makin mempesona. Dan dari sekian banyak pemandangan alam tersebut, salah satunya adalah gunung. Namun di balik keindahannya, gunung menyimpan berjuta misteri di dalamnya yang terkadang tidak dapat dijangkau oleh akal pikiran manusia. Terkadang gunung yang nampak tenang, tiba-tiba dapat mengeluarkan letusan yang sangat dahsyat.

Nah, bicara mengenai letusan gunung, berikut telah kami rangkum deretan gunung di dunia dengan letusan terdahsyat dalam sejarah. Penasaran?

Daftar Gunung Dengan Letusan Terdahsyat di Dunia

Daftar Gunung Dengan Letusan Terdahsyat di Dunia

Deretan Gunung di Dunia dengan Letusan Terdahsyat

1. Gunung Toba (Indonesia)

Indonesia memang terkenal dengan banyak gunung berapi sehingga tidak heran jika salah satu gunung dengan letusan terdahsyat di dunia ada di Indonesia. Toba yang saat ini dikenal dengan sebuah danau ternyata dulunya adalah sebuah gunung dengan letusan level super volcanic pada level 8 yang mana hal ini merupakan letusan tertinggi diantara jenis letusan gunung berapi. letusan ini terjadi sekitar 67500 sampai 75500 tahun yang lalu. Letusan dahsyat ini kemudian juga dijuluki letusan ‘Mega Kolosal’ yang mana letusan ini memiliki Explosivity Index tertinggi dalam 25 juta tahun terakhir.

2. Creek Lava (Amerika Serikat)

Letusan gunung ini terjadi pada 64.0000 tahun yang lalu di mana saat meletus gunung ini mengeluarkan kurang lebih 240 KM batu dan debu ke arah langit. Bencana yang ditimbulkan oleh letusan ini termasuk dalam supervolcano Yellowstone. Sekalipun saat ini Creek Lava telah luluh lantak namun ternyata gunung tersebut masih merupakan gunung aktif.

3. Gunung Tambora (Indonesia)

Lagi-lagi Indonesia memiliki daftar gunung dengan letusan terdahsyat di dunia. Kali ini adalah Gunung Tambora yang pernah meletus pada tahun 1815. Saat gunung ini meletus suara letusannya terdengar hingga Pulau Sumatera padahal gunung ini terletak di Kepulauan Sunda. Dampak yang ditimbulkan adalah benua Eropa dan Amerika Utara tidak mengalami musim panas selama 1 tahun Karena gunung ini saat meletus mengeluarkan sulfur ke stratosfer. Inilah yang menyebabkan terjadinya penyimpangan iklim global dan juga serangkaian gempa dan tsunami beberapa tahun setelah gunung meletus. Adapun jumlah korban yang tercatat antara lain sekitar 10.000 orang hingga 45.000 orang. Tinggi asap mencapai lebih dari 43 km dan terdapat partikel abu yang tetap berada di atmosfer sehingga menimbulkan racun bagi bumi.

4. Gunung Thera (Yunani)

Letusan Thera terjadi 3600 tahun lalu. Karena dahsyatnya letusan, gunungnya menjadi tak berbekas. Gunung  ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dan termasuk dalam level 7 yaitu Ultra plinian. Definisi dari Ultra plinian adalah didefinisikan sebagai bulu abu dengan ketinggian sekitar lebih dari 25 kilometer dan memiliki volume bahan letusan sebanyak 10 km3. Karena letusan gunung ini maka Pulau Thera pun menjadi hancur termasuk juga dengan peradaban Minoa dan Akrotiri. Diperkirakan hal inilah yang menyebabkan asal mula hancurnya peradaban Minoa.

5. Gunung Pinatubo (Filipina)

Gunung Pinatubo di Filipina merupakan gunung stratovolcano aktif. Gunung ini meledak pada tahun 1991 namun tidak memakan korban jiwa akibat kesigapan pemerintah setempat. Akan tetapi efek samping yang ditimbulkan yaitu antara lain rusaknya daerah-daerah di sekitar gunung tersebut termasuk pemukiman warga akibat aliran piroklastik.  Ledakan yang terjadi merupakan ledakan dengan level 6.

Berdasarkan daftar di atas, Indonesia memiliki lebih dari satu sejarah gunung dengan letusan terdahsyat di dunia. Semoga saja untuk kedepannya, tidak ada lagi letusan gunung dengan efek sedahsyat diatas.

Baca Juga:

sejarah nama gunung sindur, 10 letusan gunung api terdahsyat di indonesia, 10 gunung terindah dunia, 10 gunung terindah di dunia, 10 gunung tercantik di dunia, 10 gunung terbaik di dunia, 10 gunung teraneh di dunia, 10 gunung paling angker di dunia, 10 gunung di indonesia dengan letusan terdahsyat, 10 gunung berapi paling bahaya di dunia, 10 gunung berapi berbahaya di dunia, 10 gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia, 10 gunung api paling berbahaya di dunia, 10 gunung api berbahaya di dunia, zona zona gunung api dunia