Trik Google Search yang Belum Banyak Diketahui dan Dimaksimalkan Penggunaanya

Google Search masih menempati urutan pertama sebagai mesin pencari yang banyak dipakai oleh warga internet di seluruh dunia. Dengan adanya Google Search, anda tidak perlu repot-repot lagi ke perpustakaan untuk memperoleh info yang dibutuhkan, karena anda hanya tinggal duduk manis sambil menggunakan gadget. Anda tinggal masukkan keyword atau kata kunci terkait topik yang ingin diketahui. Dan klik Search, maka dalam sekejap informasi yang anda mau akan langsung tersedia.

Dan tahukah anda, ternyata banyak trik searching di Google yang belum banyak diketahui dan belum dimaksimalkan penggunaannya. Penasaran? Yuk simak trik-trik Google search apa saja yang belum banyak diketahui tersebut.

Trik Google yang Harus Anda Tahu

Google Search

Google Search

1. Pakai Tanda Kutip untuk Pencarian yang Lebih Spesifik

Tahukah anda, Google Search akan selalu menerka halaman berdasarkan kata kunci yang anda masukkan dengan tanpa memperhatikan urutan katanya sama sekali.

Contohnya begini, misalkan anda mengetikkan keyword “Hotman Paris” tanpa disertai tanda kutip, maka Google Search akan mencari setiap halaman yang mengandung kata Hotman Paris tanpa mempedulikan urutan katanya.

Nah, lain halnya lagi, jika anda memasukkan kata Hotman Paris disertai dengan tanda kutip, maka hasilnya pun akan jauh lebih spesifik karena hanya situs yang benar-benar memuat informasi profil utama Hotman Paris lah yang akan ditampilkan.

Trik Google Search yang satu ini sangat berguna apabila anda sedang mencari kutipan di suatu halaman, misalnya untuk bahan skripsi anda.

2. Gunakan Tanda Hypen (-) untuk Mengecualikan Kata Tertentu

Terkadang anda juga harus mencari sesuatu dengan kata kunci yang bisa menimbulkan ambigu. Contohnya begini, anda sedang mencari keyword “kijang”, hasil pencarian yang ditampilkan pasti bisa hewan kijang atau pun mobil kijang.

Nah, supaya Google Search tidak menghasilkan pencarian yang ambigu, anda dapat menggunakan tanda hubung (-) untuk mengecualikan kata tertentu yang tidak anda inginkan.

Misal, untuk mencari keyword “kijang” yang tidak ada hubungannya dengan mobil kijang anda dapat mengetikkan perintah sebagai berikut :

“Kijang-mobil”

Trik Google Search menggunakan hypen ini sangatlah bermanfaat untuk membantu anda dalam memperoleh informasi yang akurat.

3. Tanda titik (:) untuk Mencari Situs Tertentu

Apabila anda sedang ingin mencari suatu artikel atau konten tertentu di sebuah situs web, anda dapat menggunakan perintah syntax yang simple, yaitu dengan memakai tanda titik dua (:).

Contohnya begini, jika anda sedang ingin mencari artikel “kasmaran’ di situs “kenapadiajatuhcinta.com” maka masukkan perintah sebagai berikut :

Kasmaran site:kenapadiajatuhcinta.com

Nah, maka Google Search akan langsung menampilkan artikel yang berisi “kasmaran” dari situs tersebut.

4. Mencari Frasa Menggunakan Asterisk (*)

Trik yang keempat ini adalah menggunakan asterisk (*). Fungsi dari memasukkan asterisk sendiri adalah untuk melengkapi sebuah frasa atau kalimat yang sedang anda cari.

Fitur ini sangatlah berguna apabila anda ingin menemukan kalimat tapi anda lupa beberapa kata dari kalimat tersebut.

Contohnya begini,

“Datang tidak “ pulang tidak *”

Maka Google Search akan menampilan halaman yang memuat kata-kata “Datang tidak diundang, pulang tidak di antar” atau “Datang tidak undang, pulang tidak kembali”.

5. Mencari Situs yang Serupa

Misalnya anda mempunyai sebuah situs web favorit yang sering anda akses, kemudian anda ingin mencari situs yang memuat konten-konten yang sama persis dengan situs favorit anda tersebut, nah, anda bisa memasukkan perintah seperti ini :

Related:(situs)

Contohya : related:kenapadiajatuhcinta.com

Dengan syntax yang satu ini, Google Search tidak akan menampilkan konten dari situs kenapadiajatuhcinta.com melainkan dari situs yang mirip dengan yang anda ketikkan tadi.

6. Untuk Berhitung

Tahu tidak, jika suatu saat anda lupa membawa kalkulator, anda juga bisa memanfaatkan Google Search untuk menyelesaikan soal hitungan yang sedang anda kerjakan, loh.

Google Search sendiri dapat membantu untuk mengerjakan soal dari mulai matematika dasar sampai matematika yang rumit. Memang, sih, tidak semua soal bisa dijawab oleh Google, tapi setidaknya Google bisa membantu ketika anda membutuhkan jawaban yang cepat.

Masukkanlah syntax sebagai berikut :

  • 8*5+6/2.
  • 36(phi).

Jika anda mengetikkan soal perhitungan seperti contoh 1, maka Google akan menyediakan jawabannya yaitu 23. Sedangkan jika anda mengetikkan soal perhitungan seperti contoh 2 maka Google akan menyediakan jawaban 58,2492236.

7. Menemukan Beberapa Kalimat Sekaligus

Supaya anda lebih menghemat waktu dalam mencari beberapa kalimat sekaligus, anda dapat menggunakan syntax seperti di bawah ini :

“Penghindaran Korupsi” OR “Pencegahan Korupsi”

Dengan mengetikkan perintah tersebut Google Search akan mencari halaman yang mengandung 2 kalimat di atas. Syntax yang satu ini juga bisa digunakan secara per kata.

Contoh : “Jomblo OR Pacaran”

8. Mencari Range Angka

Nah, fitur yang kedelapan ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya bisa untuk mencari suatu barang dengan range harga tertentu

Contohnya begini, jika anda sedang mencari informasi mengenai laptop dengan kisaran harga dari $400 sampai $600, anda dapat menggunakan perintah seperti berikut :

Notebook $400 .. $600

Maka hasilnya Google Search akan menemukan notebook dengan harga minimal dan maksimal seperti yang anda ketikkan di atas.

9. Mengkonversikan Mata uang dan Satuan Hitung

Jika anda kebingungan bagaimana cara mengkonversi dolar Amerika Serikat ke rupiah, atau inci ke centimeter, tenang, karena Google dapat membantu anda untuk mengkonversi hampir ke semua satuan hitung, baik itu satuan metrik maupun satuan imperial.

Caranya mudah, anda hanya perlu memasukkan syntax seperti di bawah ini :

(unit) to (unit)

Contohnya anda ingin mengubah $5000 ke rupiah, maka ketikkanlah pada kotak pencarian sebagai berikut :

5000 USD to IDR

Nah, demikianlah diatas ulasan lengkap mengenai trik Google Search. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.