Beragam Fitur Google Chrome yang Tidak Banyak Diketahui dan Dimanfaatkan para Pengguna

Ragam Fitur Google Chrome – Buat mereka yang sering berselancar di dunia maya, pastinya sudah tak asing  dengan Google Chrome. Yup, browser dengan pengguna terbanyak di dunia ini, merupakan browser besutan perusahaan raksasa Google, yang memiliki segudang keunggulan dibanding yang lain. Selain mudah digunakan, ringan dan cepat, keunggulan lainnya adalah terkait kemudahan sinkronisasi dengan akun Google yang kita miliki.

Ragam Fitur Google Chrome

Ragam Fitur Google Chrome

Dan ternyata bukan itu saja. Karena terdapat banyak fitur dengan beragam manfaat dari browser Google Chrome yang belum banyak diketahui pengguna lain pada umumnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Fitur Google Chrome yang Belum Banyak Diketahui

1. Terdapat Mode Incognito Window

Mode Incognito Window adalah mode yang digunakan saat kita membutuhkan privacy yang tinggi, karena dengan memanfaatkan incognito, maka sistem tak akan menyimpan history ataupun kata sandi. Cara membuka fitur Google Chrome pada mode incognito ini cukup mudah, cukup menekan tombol CTRL + SHIT + N secara bersamaan.

2. Terdapat Kalkulator Sederhana

Fitur Google Chrome yang belum banyak diketahui lainnya ialah tentang penggunaan browser ini menjadi kalkulator dadakan. Untuk membuktikannya, silahkan saja mengetikan operasi bilangan sederhana di kolom addres bar, contohnya 600 + 450 , lalu tekan enter. Dan beberapa detik kemudian, chrome akan segera menampilkan hasil perhitungan, bermanfaat bukan?

3. Terdapat banyak sekali shortcut Menggunakan Keyboard

  • CTRL + 1-9 : Bisa digunakan untuk merubah tab yang aktif pada google chrome.
  • CTRL + TAB : Untuk yang satu ini fungsinya hampir sama, hanya saja kita memindahkan sesuai urutan tabnya.
  • CTRL + T : Untuk membuka layar kerja tab baru.
  • CTRL + SHIFT + DELETE : Untuk menghapus histori data penjelajahan.
  • CTRL + SHIFT + T : Untuk membuka kembali tab yang baru di tuttup.
  • CTRL + W : Untuk menutup Tab dengan cepat.
  • CTRL + L : Memindahkan posisi cursor ke posisi url, atau mesin pencari.
  • CTRL + N : Membuka windows baru google chrome.

4. Fitur Pin Tab

Fitur lainnya yang sangat bermanfaat namun belum banyak diketahui adalah adanya fitur Pin Tab.

5. Bisa Memindah Hasil Download dengan Mudah

Dengan fitur Drag and Drop Downloads, kita bisa lebih mudah menemukan file yang telah kita download. Cukup masuk ke laman Download dan kemudian klik tahan lalu seret file yang dimaksud ke folder yang kita inginkan.

6. Bisa Lebih Hemat Kuota

Google Chrome memiliki fitur yang dapat menghemat kuota internet, fitur ini di namakan “Data Saver”. Bagaimana cara settingnya? Masuk pada menu Settings – Pengelolaan Bandwith. Dan selanjutnya, setelah masuk menu tersebut, silahkan atur data sesuai yang diinginkan.

7. Bermain Game Seru

Nah, jika suatu ketika koneksi internet putus, dan kebetulan saat itu lagi tak ada kerjaan, maka untuk mencairkan suasana anda bisa bermain game dinosaurus ala Google Chrome. Cukup tekan spasi, dan anda bisa memainkannya dengan mudah.

8. Google Chrome Bisa Diatur agar Lebih Cepat

Google Chrome lelet? jangan khawatir. Lakukan saja trik berikut ini. Masuk pada fitur Google Flags dengan cara mengetikkan perintah Chrome://Flags => Pilih Menu => Pilih Find in Page => ketik “Maximum”.

Nah itu tadi diatas beberapa fungsi browser Google Chrome yang umumnya tidak banyak diketahui orang. Gunakan fungsi-fungsi tersebut agar kegiatan menggunakan internet kita dapat berjalan lebih maksimal. Semoga bermanfaat.