Fenomena Penggunaan Internet Bagi Kehidupan – Keuntungan dan Kerugiannya

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Internet – Untuk saat ini, internet sudah seperti kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Khususnya bagi mereka yang kesehariannya membutuhkan koneksi internet guna menunjang pekerjaan. Faktanya, mnternet memberikan banyak kemudahan bagi kita dalam berbagai bidang.

Namun disisi lain ternyata internet juga dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi para pemakainya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini telah kami rangkum ulasan terkait manfaat dan kerugian menggunakan internet. Silahkan disimak dan semoga bisa menambah wawasan kita.

Fenomena Penggunaan Internet Bagi Kehidupan

Fenomena Penggunaan Internet Bagi Kehidupan

Manfaat dan Kerugian Penggunaan Internet

1. Manfaat Penggunaan Internet

  • Hiburan

Hadirnya internet berdampak pada kemudahan para pengguna untuk menikmati hiburan dengan praktis dan cepat, salah satunya adalah game online. Bermain game bisa menghilangkan kebosanan dan kejenuhan penggunanya, bahkan bisa juga mengasah kemampuan seseorang dalam berpikir dan menyusun strategi.

  • Media Sosial

Perkembangan internet seiring dengan perkembangan sosial media juga. Berbagai sosial media dapat diaskes secara mudah dan cepat dengan adanya internet. Adanya sosial media ini dapat mempermudah komunikasi dengan teman jarak jauh, bahkan menambah teman baru dari berbagai negara.

  • Edukasi

Internet juga bisa digunakan sebagai media edukasi. Ada banyak situs yang digunakan sebagai sarana pendidikan seperti Wikipedia.org. Dengan internet juga memudahkan para pelajar untuk belajar dan mencari materi pembelajaran yang dibutuhkan.

  • Informasi

Berbagai informasi tentang kabar-kabar terbaru di dunia dapat diakses melaui internet. Situs penyedia informasi seperti yahoo.com, kompas.com, viva news dan sebagainya dapat digunakan sebagai salah satu website yang akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

  • Akses 24 Jam

Menariknya lagi akses internet tidak dibatasi waktu. Anda dapat mengakses internet selama 24 jam penuh. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menggunakan internet setiap saat.

2. Kerugian Penggunaan Internet

  • Informasi Palsu Di Mana-Mana (Hoax)

Internet memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi, akan tetapi internet juga menghadirkan berbagai informasi palsu atau berita hoax yang kemudian dapat menimbulkan salah tafsir para pengguna internet terkait berita yang dibaca.

  • Selektivitas dan Anonimitas

Internet yang semakin berkembang menyebabkan banyaknya para pengguna internet yang membuat akun. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun yang belum tentu menggunakan identitas asli. Hal ini tentu, membutuhkan selektivitas dalam menentukan sampling serta responden untuk membuat riset online.

  • Clutter Dan “Never-Ending Search”

Informasi di internet jumlahnya sangat besar, akan tetapi tidak semua informasi dibutuhkan.  Hal ini menyebabkan para pengguna mendapatkan informasi yang tak berujung. Bahkan kadang harus menghabiskan waktu dan uang untuk mendapatkan informasi yang sesuai keinginan. Selain mendapatkan informasi yang tak berujung, para pengguna terkadang justru melakukan pencarian ke situs-situs p******o yang mengakibatkan pencarian informasi lepas kendali.

  • Virus

Salah satu kerugian penggunaan internet adalah adanya virus yang menyerang perangkat komputer. Hal ini tentu dapat merusak beberapa file bahkan sistem komputer. Virus ini biasanya menyebar melalui pencarian dibeberapa situs, email, maupun file-file unduhan.

  • Privasi Mudah Dibobol

Internet juga bisa digunakan sebagai salah satu ruang penyimpanan yang praktis. Akan tetapi dibalik kepraktisannya, file yang terunggah dalam internet justru membahayakan pemiliknya. Banyak hacker yang membobol sistem keamanan para pengguna dan mengambil file-file pribadi yang Anda unggah. Kemudian digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Itulah diatas ulasan mengenai manfaat dan kerugian penggunaan internet yang idealnya kita ketahui dan pahami, Semoga informasi di atas dapat memberikan kesadaran kepada kita semua untuk menggunakan internet dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga:

fenomena pengguna internet