Fenomena Baterai HP Kembung Dan Cara Terbaik Mengatasinya

Mengatasi Baterai HP Yang Kembung – Fenomena baterai HP kembung memang sudah menjadi masalah yang paling umum bagi para pengguna ponsel, baik smartphone maupun ponsel biasa. Bahkan masalah bateray kembung ini sudah ada sejak zaman dulu, sebelum bermunculan smartphone canggih layaknya sekarang. Dan tampaknya banyak hal yang menjadi penyebab dari hal tersebut. Mulai dari hal sepele dan kebiasaan-kebiasaan buruk penggunanya.

Fenomena Baterai HP Kembung dan Cara Mengatasinya

Fenomena Baterai HP Kembung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai HP Kembung

Sebelum ponsel Anda mengalami masalah baterai kembung, sebaiknya Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan baterai kembung. Kebiasaan kecil seperti terlalu lama me-charger HP bisa juga membuat baterai mengembang. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa saja penyebab Baterai Kembung? Berikut ini akan saya bagikan informasi selengkapnya. Silahkan disimak.

1. Men-Charger HP Terlalu Lama

Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan men-charger HP terlalu lama dapat membuat kualitas baterai semakin menurun. Jika ponsel sudah menunjukkan baterai penuh 100%, sebaiknya Anda segera mencabut ­charger ponsel Anda. Jika masih terus-terusan terhubung aliran listrik, baterai tidak sempat beristirahat. Akibatnya, kualitas baterai akan semakin menurun dan baterai akan cepat habis. Lama kelamaan, baterai akan semakin mengembung.

2. Pengaruh Suhu Yang Terlalu Ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai kembung. Pada saat suhu terlalu dingin, baterai mungkin akan lebih hemat. Akan tetapi, jika tidak digunakan dalam waktu lama, kualitas baterai juga akan lebih menurun. Sebaliknya, ketika ponsel berada di suhu panas, sudah pasti baterai akan cepat habis. Bila kondisi ini dibiarkan terus menurus, sudah pasti baterai akan kembung.

3. Menelpon Dalam Keadaan Di-Charger

Kebiasaan nelpon sambil men-charger harus segera Anda tinggalkan jika tidak ingin baterai Anda kembung. Menelpon sambil men-charger dapat membuat hp cepat panas. Lama kelamaan, kualitas HP akan semakin berkurang, dan menjurus kepada masalah baterai kembung.

4. Menggunakan Charger Yang Ori

Setiap smartphone yang kita beli sudah dilengkapi dengan charger-annya masing-masing. Jika Anda terbiasa mencharger dengan charger-an ponsel lain, kualitas baterai mungkin akan menurun karena mungkin ada beberapa komponen yang tidak sesuai. Jadi, pastikan selalu men-charger ponsel Anda dengan charger-an pabriknya.

Cara Mengatasi Baterai HP Yang Sudah Terlanjur Kembung

Lalu, bagaimana jika baterai Anda sudah terlanjur kembung? Jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan ponsel Anda. Jangan sampai ponsel Anda rusak parah hanya gara-gara baterai kembung. Simak info lengkapnya di bawah ini.

1. Untuk Ponsel Dengan Baterai Removeable

Baterai yang sudah dalam keadaan kembung akan semakin mengembung jika terus digunakan. Hal ini memang sudah pasti terjadi. Apabila Anda terus menggunakan baterai tersebut, hal buruk yang mungkin terjadi adalah adanya ledakan dari baterai yang kembung. Agar hal berbahaya itu tidak terjadi, sebaiknya cabut baterai dari ponsel Anda. Ganti baterai yang kembung dengan baterai yang baru. Pastikan memilih baterai yang orisinil.

2. Untuk Ponsel Dengan Baterai Non-Removeable

Untuk Anda pengguna ponsel dengan baterai tanam, akan susah untuk mencabut baterai dari ponsel. Jangan coba-coba untuk melakukan upaya pencabutan baterai mandiri. Bawa saja ponsel Anda ke tempat pusat servis. Upaya pencabutan baterai harus dilakukan oleh ahlinya.

Demikian adalah dua cara jitu untuk mengatasi baterai HP yang kembung agar tidak memperburuk kondisi HP. Seperti yang telah dijelaskan di atas, baterai kembung yang terus-menerus digunakan akan membahayakan si pengguna.

Baca Juga:

trik mengatasi baterai hp kembung, baterai hp kembung, baterai hp iphone kembung, baterai hp cepat kembung, baterai hp bisa kembung, baterai hp android kembung, bagaimana jika baterai hp kembung, atasi baterai hp kembung, arti mimpi baterai hp kembung, apakah hp baterai tanam bisa kembung, apa yang menyebabkan baterai hp kembung, apa yang membuat baterai hp kembung, apa penyebab baterai hp kembung, akibat dari baterai hp kembung, akibat baterai hp kembung