Metode Diet Sehat Sesuai Golongan Darah yang Sebaiknya Anda Tahu

Cara Diet Sehat Sesuai Golongan Darah – Seperti yang kita tahu, definisi diet adalah suatu usaha atau proses penurunan berat badan. Dan saat ini ada banyak sekali metode atau jenis diet yang diterapkan di masyarakat. Nah, bicara mengenai macam-macam jenis diet, salah satunya yang cukup populer adalah metode diet berdasarkan golongan darah. Pernah dengar kan?

Nah, untuk itu, kali ini, kita akan membahas mengenai diet sehat sesuai golongan darah tersebut. Seperti yang kita ketahui golongan darah ada 4 macam yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Diet Sehat Sesuai Golongan Darah

Diet Sehat Sesuai Golongan Darah

Metode Diet Sehat Menurut Golongan Darah

1. Golongan Darah A

Golongan darah A umumnya memiliki metabolisme tubuh yang terbilang rendah. Sehingga golong darah A lebih mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu saja, golongan darah A juga lebih rentan mengalami kegemukan, untuk itu alangkah lebih baik jika golongan darah A lebih berhati hati dalam memilih makanan jika tidak ingin gemuk.

Diet sehat golongan darah A tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging dan memperbanyak sayur maupun buah. Makanan yang diperbolehkan untuk diet sehat golongan darah A adalah ikan untuk menjadi sumber protein. Ikan air tawar maupun ikan air laut, keduanya boleh menjadi pilihan anda. Perbanyaklah konsumsi sayur seperti bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Untuk tomat dan terong sebaiknya dihindari.

2. Golongan Darah B

Berbeda dengan golongan darah A, diet sehat golongan darah B justru diperbolehkan mengkonsumsi daging. Untuk golongan darah B, daging dan buah sangat disarankan dalam menjalankan diet. Meskipun begitu, daging ayam tidak disarankan dalam menjalani diet sehat golongan darah B. Untuk golongan darah B diwajibkan untul menetralkan metabolisme tubuh kembali.

Makanan yang diperbolehkan bagi golongan darah B yang sedang menjalani diet, diantaranya daging sapi, buah buahan, beberapa jenis kacang dan sayuran. Buah buahan yang disarankan untuk diet golongan darah B adalah nanas, pisang, plum, papaya, anggur dan canberry. Untuk lebih memperlancar diet sehat golongan darah B, maka bisa dibantu dengan olahraga seperti berjalan, mendaki maupun tenis.

3. Golongan Darah AB

Golongan darah AB merupakan salah satu golongan darah yang sangat mudah menerima jenis makanan apapun. Sehingga cukup sulit dalam menentukan makanan yang cocok untuk diet golongan darah AB. Makanan yang disarankan untuk diet sehat golongan darah AB diantaranya hasil olahan susu, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau dan makanan laut sebagai sumber energi.

Makanan yang diperbolehkan untuk diet sehat golongan darah AB diantaranya makanan laut seperti ikan. Namun ikan yang diperbolehkan hanyalah yang memiliki omega 3 dan kadar minyak ikan yang tinggi, seperti ikan salmon contohnya. Untuk pilihan sayur-sayuran, anda bisa memilih olahan kacang panjang, brokoli, kobis dan juga kentang.

4. Golongan Darah O

Orang yang bergolongan darah O umumnya memiliki tubuh yang lebih kuat seperti sistem kekebalan tubuh ataupun daya tahan tubuh. Untuk golongan darah O disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan asupan protein yang tinggi. Selain itu buah-buahan seperti pisang dan kelapa juga bisa menjadi pilihan anda. Anda yang sedang menjalani diet sehat sesuai golongan darah O juga bisa menjalani olahraga seperti lari untuk membantu keberhasilan diet anda.

Nah sudah ada gambaran kan? Diet sehat sesuai golongan darah merupakan salah satu metode yang aman dan disarankan. Karena menurut penelitian, setiap golongan darah memiliki perbedaan dalam mengkonsumsi jenis makanan. Selain itu, apabila dalam mengkonsumsi makanan dan terdapat ketidak cocokan maka akan berdampak pada sakit tertentu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

menu debm bagi penderita maag