Desa Candirejo, Desa Wisata yang Kental dengan Budaya Jawa

Desa Candirejo Wisata Kental Budaya Jawa – Anda penggemar berat budaya Jawa? Atau Anda hendak mengenalkan budaya Jawa terhadap seseorang atau pada putra-putri Anda? Jika iya, kami merekomendasikan satu desa yang sekarang bertransformasi menjadi desa wisata yang khusus menyajikan kekentalan budaya Jawa, yakni Desa Candirejo. Penasaran?

Desa Candirejo Wisata Kental Budaya Jawa

Desa Candirejo Wisata Kental Budaya Jawa

Wisata Yang Kental Dengan Budaya Jawa

Lokasi Desa Candirejo

Desa Candirejo ini terletak berdekatan dengan Candi Borobudur, dimana jarak keduanya hanya sekitar 3 kilometer saja. Jadi, jika Anda melakukan wisata ke Candi Borobudur, sayang rasanya jika desa ini Anda lewatkan begitu saja.

Keistimewaan Desa Candirejo

Nama Candirejo yang menjadi nama desa ini diambil dari kata Candighra, dimana kata Candighra ini kemudian bergeser secara perlahan dan berubah menjadi Candirejo yang secara tidak langsung menunjukkan kondisi dari desa ini yang memiliki banyak bebatuan namun tetap subur, sesuai dengan artinya yakni Candi yang berarti batu dan rejo yang berarti subur.

Desa ini memiliki luas sebesar 350 ha dengan pembagiannya adalah lahan pertanian seluas 250 ha dan lahan pemukiman seluas 100 ha. Desa ini merupakan desa tradisional yang sama sekali belum dijamah oleh pembangunan yang modern. Alhasil, jika Anda berada di sini, Anda akan melihat sistem kehidupan masyarakat Jawa yang tradisional.

Apa yang Bisa Dilakukan di Desa Candirejo?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat Anda berada di Desa Candirejo ini, yang pastinya tercantum dalam beberapa paket wisata berikut ini:

  • Menikmati Kesenian Tradisional

Nah, saat Anda berada di Desa Candirejo, Anda memiliki kesempatan untuk menikmati aneka kesenian tradisional yang dimiliki oleh desa tradisional ini.

  • Merasakan Langsung Kehidupan Masyarakat Setempat

Anda pun bisa turut merasakan kehidupan masyarakat setempat secara langsung, mengamati rutinitas yang mereka lakukan dalam keseharian dan Anda akan dipersilahkan untuk tinggal di pondok penginapan milik penduduk setempat.

  • Mengikuti Pendidikan Alam (Lingkungan)

Sebenarnya ini adalah pendidikan secara tidak langsung, karena setelah Anda mengamati keseharian penduduk, Anda tentu akan memahami akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mengelola lingkungan dengan baik.

  • Melakukan Aktifitas di Sungai

Di Desa Candirejo ini terdapat komunitas para penangkap ikan yang dinamakan dengan Nylantrang. Nah, Anda bisa turut serta bergabung dengan komunitas tersebut  untuk bisa menikmati bahagianya menangkap ikan di sungai. Ingin mandi dan berenang di sungai? Bisa kok, tetapi dalam upaya menjaga kelestarian sungai, Anda akan diawasi oleh pemandu wisata.

  • Memperhatikan Sistem Pertanian Desa

Nah, untuk paket wisata yang satu ini, memungkinkan Anda untuk secara langsung merasakan interaksi langsung dengan alam di area pertanian, dan memungkinkan Anda untuk berpartisipasi secara langsung memanen buah-buahan di lokasi budidaya.

  • Paket Wisata Menoreh

Anda juga bisa mendapatkan pengalaman langsung tentang kehidupan masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan Menoreh, dimana di kawasan ini Anda akan menemukan burung-burung, kebun-kebun tanaman obat serta kembali memperhatikan sistem pertanian ‘versi’ tradisional yang masih penduduk lestarikan.

  • Melakukan Tamasya Keliling Desa

Berada di desa yang eksotis seperti Desa Candirejo ini sepertinya sayang jika tidak jalan-jalan ya. Nah, salah satu paket wisata yang bisa Anda pilih untuk tujuan ini adalah tamasya keliling desa. Anda akan diajak menjelajah desa, baik dengan cara berjalan kaki ataupun dengan naik delman.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Desa Candirejo. Silahkan Anda berkunjung ke desa ini kapanpun Anda mau, karena kunjungan ke Desa candirejo ini tidak berbatas waktu. Dan siapapun Anda, pasti akan disambut dan dilayani dengan ramah oleh para penduduknya. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga:

website desa candirejo, desa candirejo ponggok blitar, desa candirejo ngawen klaten, desa candirejo nganjuk, desa candirejo magetan, desa candirejo magelang, desa candirejo klaten, desa candirejo borobudur, desa candirejo bawang batang, desa candirejo air molek, desa candirejo, biaya desa wisata candirejo, asal usul desa candirejo pringapus, asal usul desa candirejo ponggok blitar, asal usul desa candirejo magetan