Ciri-Ciri Busi Mobil Yang Harus Diganti Dan Cara Mengganti

Cara Mengganti Busi Mobil – Walaupun memiliki bentuk yang minimalis kecil, fungsi busi (spark plug) dalam mobil tidak dapat dianggap remeh. Dalam sistem pengapian kendaraan, busi memegang peran vital sebagai pemercik bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan juga bahan bakar.

Karena fungsinya yang vital itu, tak jarang busi menjadi ‘gara-gara’ ketika mobil rusak atau pun mogok. Ya, kondisi busi yang sudah tidak bagus dapat menyebabkan mobil susah distarter atau malah sama sekali tidak bisa dihidupkan. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan ada baiknya kita mengetahu iciri-ciri busi yang sudah harus diganti dan bagaimana cara menggantinya. Untuk selengkapnya silahkan baca ulasan berikut:

Ciri-Ciri Busi Mobil yang Harus Segera Diganti

Ciri-Ciri Busi Mobil yang Harus Segera Diganti

Ciri-Ciri Busi Mobil Yang Harus Diganti

1. Susah Distarter

Apakah anda pernah mengalami kejadian dimana mobil anda susah distarter padahal tidak ada permasalahan dengan aki dan komponen kelistrikan lainnya? Bisa jadi yang menjadi masalah ada pada businya dan harus segera diganti karena busi yang rusak pada umumnya berdampak kepada mobil yang susah di starter.

2. Mesin Kasar Pada Posisi Idle

Pada saat kondisi mesin idle, mobil dengan busi yang harus diganti pada umumnya akan terasa kasar atau bahasa bengkelnya ‘mbrebet’ atau tidak halus bunyinya. Kemudian ketika anda mulai menekan gas,­­ mobil akan terasa tidak enak dan tidak seperti biasanya.

3. Terasa Berat Saat Berjalan

Mobil dengan busi yang sudah harus diganti akan cenderung terasa berat saat digunakan apalagi ketika digunakan dalam kecepatan tinggi. Bagi anda yang memiliki mobil dengan tenaga besar, umumnya kerusakan ini akan lebih terasa karena mobil dengan tenaga besar membutuhkan tenaga yang maksimal dari busi.

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri

1. Proses Bongkar

Sebelum memulai proses bongkar, ada baiknya untuk menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengganti busi mobil sendiri yaitu: kunci shock busi, batang sambungan, sliding T, joint, dan juga jangan kain atau sarung tangan. Jika semua alat sudah lengkap, anda bisa langsung membongkar busi lama anda dengan tata cara sebagai berikut :

  1. Pastikan terlebih dahulu mesin dalam kondisi mati.
  2. Lepas kabel-kabel yang mengikat busi. Jika mobil anda menggunakan satu koil satu busi, lepas terlebih dahulu socket kabelnya dan baut pengikatnya.
  3. Setelah kabel busi terlepas dengan sempurna, siapkan kunci busi yang sesuai dan kombinasi kunci sambungan. Untuk jenisnya, pilih yang menurut anda paling nyaman.
  4. Kemudian anda langsung bisa melepas busi dengan memutarnya kekiri atau berlawanan dengan arah jarum jam.

2. Proses Pasang

Setelah busi lama berhasil dicopot dengan sempurna, langkah yang harus anda lakukan setelahnya adalah memasang busi baru kedalam kendaraan anda. Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti tata cara sebagaiberikut:

  1. Jika anda menggunakan busi baru, pertama-tama pastikan terlebih dahulu pada ujung elektroda apakah sudah sesuai dengan spesifikasi.
  2. Sebaiknya dalam proses ini anda menggunakan tangan agar busi dapat masuk kedalam drat dengan mudah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan dan juga mengantisipasi bengkoknya busi.
  3. Jika busi sudah terpasang, kencangkan dengan menggunakan kunci sambungan.
  4. Pasang kembali kabel-kabel busi seperti semula.

Demikian adalah ulasan mengenai ciri-ciri mobil yang businya harus diganti dan juga cara mengganti busi mobil sendiri. Semoga ulasan ini berguna bagi anda yang mungkin sedang mempunyai permasalahan terkait. Akhir kata, sekian dan terimakasih.

Baca Juga:

warna busi mobil yang bagus, alat dan bahan mengganti busi mobil, akibat salah satu busi mobil mati, akibat kabel busi mobil rusak, akibat kabel busi mobil jelek, akibat jika busi mobil mati satu, akibat busi mobil rusak, akibat busi mobil mati satu, akibat busi mobil mati 1, akibat busi mobil lemah, akibat busi mobil jelek, akibat busi mobil hitam, akibat busi mobil basah oli, akibat busi mobil basah, ada oli di busi mobil