Ciri Ciri Browser Kena Virus Atau Malware dan Tips Mengatasinya

Ciri Browser Kena Virus Malware – Pernahkah mengalami komputer yang mendadak lemot saat sedang browsing? Padahal saat itu koneksi internet cukup stabil. Nah, hati-hati, jika itu yang terjadi, bisa jadi komputer sedang terserang virus atau malware. Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum ciri-ciri browser yang sedang terjangkit virus atau malware, agar kamu bisa segera mengidentifikasinya.

Ciri Ciri Browser Kena Virus Malware

Ciri Ciri Browser Kena Virus Malware

Ciri-ciri Browser yang Terjangkit Virus Atau Malware

1. Browser terasa sangat lambat dan lama saat start up

Tanda – tanda pertama yang muncul saat browser sedang terkena virus adalah lemot saat start up. Bahkan pada beberapa kasus, hingga memebutuhkan waktu hingga beberapa menit untuk dapat membuka sebuah browser.

2. Home page berubah tanpa sepengetahuan kita

Jika Anda sering menggunakan web browser tertentu tentunya akan hapal bukan dengan halaman awal di browser saat pertama kali membuka. Browser seperti chrome, safari, dan sebagainya memang memiliki konfigurasi default pada halaman awal atau homepagenya. Nah, jika sampai tampilan halaman awal tersebut berubah, dan anda tak merasa merubahnya, maka sebaiknya berhai-hati. Bisa jadi itu adalah ulah dari virus atau malware.

3. Muncul banyak tab baru secara tidak wajar

Saat ini hampir semua jenis browser mempunyai fungsi tab, dan seperti yang kita tahu, tab ini berfungsi agar pengguna bisa membuka website baru tanpa menutup halaman sebelumnya. Dengan begitu kita bisa melakukan beberapa pekerjaan  secara bersamaan. Namun jika tiba-tiba muncul banyak tab secara tak wajar (bukan kita yang membukanya), maka sebaiknya berhati-hati. Bisa jadi itu adalah ulah virus. sebaiknya jangan mengklik link apapun di situ.

4. Loading lama saat membuka suatu website

Ketika Anda sedang melakukan browsing dan secara mendadak browser menjadi lemot, dan gagal saat membuka suatu website, maka bisa jadi ini juga merupakan ciri-ciri browser yang terinfeski virus atau malware. Terlebih bila saat itu koneksi internet sedang stabil.

5. Toolbar di browser akan terinstall bookmark

Ciri-ciri browser yang terinfeksi virus berikutnya adalah munculnya boomark atau toolbar yang tidak kita kenali. Tiba-tiba menginstal sendiri di browser kita. jadi, saat menemui hal demikian jangan sekali-kali mengkliknya. karena bisa jadi itu adalah link yang mengarah ke malware atau virus.

6. Browser mengalami crash secara tidak wajar

Ciri berikutnya adalah, browser sering mengalamai crash. Buat yang belum tahu apa itu crash, crash adalah suatu kondisi saat aplikasi yang sedang berjalan justru mengalami kesalahan sehingga sistem tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila browser Anda sering mengalami crash secara tidak wajar dan hampir di semua website , maka ini juga salah satu ciri bahwa web browser Anda bermasalah dengan virus.

7. Muncul iklan yang tata letaknya sangat mengganggu

Iklan memang banyak beredaran disebuah website, namun sewajarnya terletak pada sisi tertentu pada website. Disisi lain Anda tentu pernah melihat kemunculan iklan yang menutupi layar atau menghalangi pandangan Anda. Biasanya iklan semacam ini berasal dari aplikasi advertising tertentu yang secara tidak Anda sadari terinstall dalam browser Anda. Tentunya hal ini sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Jika Terdapat Virus Pada Web Browser

  1. Jika menggunakan chrome, lihat bagian ekstensi dan hapus aplikasi yang tidak dikenali.
  2. Cek control panel, dan buka program yang terakhir di install. Bila terdapat keanehan segera di hapus.

Nah itu dia ciri – ciri browser terkena virus sekaligus cara mengatasinya.