Jangan Bingung! Inilah Cara Menjadi PNS Lulusan SMK Dengan Kuliah di IPDN

Salah satu cara menjadi PNS lulusan SMK adalah dengan kuliah di perguruan tinggi kedinasan. Nah, salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bisa Anda ikuti adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Ada banyak keuntungan ketika Anda masuk ke IPDN ini, mulai dari biayanya yang relatif murah hingga gratis, serta fasilitas ikatan dinas yang memungkinkan Anda menjadi PNS.

Cara Menjadi PNS Lulusan SMK

Cara Menjadi PNS Lulusan SMK

Wah, sepertinya asyik sekali ya jadi PNS dengan jalur ini. Selain bisa jadi PNS, kita akan dibekali ilmunya dulu, dan tidak perlu pusing mencari pekerjaan setelah lulus pendidikan, serta tidak perlu merepotkan orang tua saat sedang melaksanakan proses pendidikannya. Tapi cara untuk masuk ke IPDN-nya sendiri bagaimana, ya?

Rajin berolahraga Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Perlu Anda ketahui, bahwa kuliah di IPDN ini akan banyak melibatkan kegiatan fisik. Jadi, kalau Anda tertarik untuk kuliah di sini, jauh-jauh hari Anda harus rajin berolahraga. Dengan banyak berolahraga maka diharapkan Anda akan sehat jasmani dan rohani, sehingga saat pendidikan nanti tubuh Anda tidak kaget.

Tapi, sekalipun Anda tidak tertarik untuk kuliah di IPDN, Anda pun perlu rajin berolahraga juga, karena untuk bekerja di perusahaan atau menjadi PNS dengan jalur tes pun memberikan syarat kesehatan jasmani dan rohani juga lho!

Memperluas Ilmu Pengetahuan dan Pergaulan

Nanti, kalau Anda mengikuti rangkaian tes masuk IPDN, maka Anda akan melewati yang namanya tes akademik dan tes kemampuan dasar. Nah, di tes inilah pengetahuan Anda akan diuji dan dilombakan dengan pesaing yang lain. Jadi, jika Anda ingin bisa mengerjakan dan lulus tesnya, Anda perlu memperluas ilmu pengetahuan dan pergaulan, agar lebih update dengan info-info dan pengetahuan terkini.

Mengikuti Pendaftaran Online

Jika Anda sudah rajin berolahraga dan sudah menyiapkan pengetahuan untuk ikut tes, maka langkah selanjutnya untuk menjadi PNS lulusan SMK dengan kuliah di IPDN adalah dengan memantau kapan diadakannya pendaftaran online. Apabila pendaftaran online sudah dibuka, maka Anda bisa langsung mendaftar dan bersiap mengikuti seleksinya.

Menyiapkan Persyaratan dan Mengikuti Seleksi Masuk

Setiap perguruan tinggi pasti punya syarat masuk yang berbeda-beda, begitu pula dengan IPDN. Nah, sebelum Anda mengikuti rangkaian seleksi masuk IPDN, maka Anda perlu melihat apakah Anda memenuhi persyaratan atau tidak, misalnya saja syarat tinggi badan, nilai, atau syarat lainnya.

Jika Anda sudah memenuhi syarat, maka ajukanlah permohonan dengan melakukan pendaftaran online dan ikutilah semua rangkaian seleksinya. Sebelum melakukan rangkaian seleksi, maka Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau kenalan Anda yang lebih dulu kuliah di IPDN. Dengan demikian, Anda jadi punya gambaran untuk mengikuti seleksi.

Baca Juga:

cara menjadi pns lulusan smk, setelah smk kuliah di mana jadi pns