Cara Ampuh Meningkatkan IQ agar Menjadi Orang Jenius

Cara Meningkatkan IQ Orang Jenius – Tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang kerap kali diyakini sebagai bawaan lahir atau keturunan dari orang tua. Akan tetapi, pada kenyataannya IQ seseorang dapat meningkat jika diasah dan terus dilatih.

Nah untuk itu, berikut ini kami akan bagikan cara ampuh yang dapat dilakukan untuk meningkatkan IQ agar menjadi orang jenius. Penasaran?

Cara Meningkatkan IQ Orang Jenius

Cara Meningkatkan IQ Orang Jenius

Tips Meningkatkan IQ Agar Menjadi Orang Jenius

1. Sarapan Setiap Pagi

Usahakan agar setiap pagi tak pernah melewatkan sarapan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang sarapan terbukti memiliki daya konsentrasi yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak sarapan. Daya konsentrasi yang bagus tentunya akan berpengaruh pada kemampuan untuk menyimpan memori. Selain itu, sarapan juga berperan dalam membangun mood yang bagus di pagi hari. Untuk itu, pastikan agar Anda mengkonsumsi makanan sehat dengan kecukupan gizi yang baik untuk menu sarapan tersebut.

2. Menghindari Makanan Berkadar Gula Tinggi

Tips berikutnya, untuk meningkatkan IQ agar menjadi jenius adalah dengan menghindari konsumsi gula berlebih. Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti pasta, roti putih, keripik kentang, dan sebagainya secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Misalnya, menjadikan tubuh mudah lelah dan lesu serta menimbulkan rasa malas yang sangat. Efek yang kemudian timbul adalah otak menjadi sulit untuk bekerja dengan maksimal dan tak dapat berpikir dengan baik dan jernih.

3. Berolahraga

Olahraga secara rutin memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Tak hanya menjadikan tubuh sehat, dengan rajin berolahraga aliran darah ke otak menjadi semakin lancar, sehingga kerja otak juga akan lebih baik, dan bekerja secara maksimal. Jika kebutuhan aliran darah ke otak terpenuhi dengan baik, maka akan menjadikan ingatan lebih kuat serta mempertajam otak dalam berpikir. Efek positif ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya IQ yang dimiliki.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Zat antioksidan berperan mengangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga menjaga sel-sel tubuh tetap sehat, termasuk sel otak. Jika sel otak dalam kondisi baik, maka kemampuan berpikir pun juga menjadi lebih maksimal dan IQ akan meningkat. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi antara lain strawberry, apel, blueberry, blackberry, bayam, bawang putih, dan sebagainya.

5. Rajin Belajar

Belajar merupakan satu aktivitas yang tak ada hentinya. Selama masih hidup, manusia sebaiknya selalu belajar. Belajar tentunya tak hanya dibatasi dengan belajar di sekolah. Dengan membiasakan menyerap pelajaran dari berbagai macam sumber, seseorang akan menjadi lebih tajam dan kritis dalam berpikir. Dengan kebiasaan berpikir secara kritis, otomatis IQ akan semakin meningkat sehingga bisa menjadi orang yang jenius.

6. Melatih Kemampuan Membaca Cepat

Membaca cepat ternyata juga bisa dijadikan metode untuk meningkatkan IQ Anda. Kebiasaan membaca cepat sangat baik untuk merangsang otak dalam menyerap informasi dengan lebih cepat. Kemampuan ini dapat Anda latih dengan belajar membaca cepat sedikit demi sedikit. Semakin Anda terbiasa, maka kemampuan Anda akan meningkat.

7. Menghirup Udara Bersih

Kualitas udara di lingkungan dimana  Anda berada juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Udara yang penuh dengan polusi banyak mengandung radikal bebas yang memiliki efek negatif jika masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, udara yang bersih mengandung oksigen yang lebih berkualitas. Kadar oksigen dalam darah yang mencukupi sangat baik untuk menjaga kesehatan sel otak dan meningkatkan fungsi kerja otak. Untuk itu, usahakan agar Anda menghirup udara bersih di pagi hari sembari melakukan aktivitas olahraga seperti jogging atau berjalan kaki. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih rileks dan dapat berpikir jernih.

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan IQ Anda agar bisa menjadi orang jenius. Semoga bermanfaat.