Cara Mengoptimalkan Laptop Sebelum Bermain Game

Cara Mengoptimalkan Laptop Untuk Game – Bermain game di laptop atau PC memang adalah hal yang sangat menyenangkan karena selain kita bisa menikmati game yang dimainkan, kita juga bisa memodifikasi game sesuka hati. Namun, ada satu masalah klasik yang dari dulu menghinggapi para gamer pc, apalagi kalau bukan permintaan spek yang terlampau tinggi. Seperti yang kita tahu, game – game generasi 7 dan 8 sekarang rata – rata sudah meminta spesifikasi minimum yang sangat tinggi.

Sayangnya tidak semua orang bisa memiliki laptop dengan spesifikasi dewa untuk memainkan game-game super keren generasi terbaru tersebut. Beberapa gamer low spec sering kali memaksakan laptop mereka untuk memainkan game mid-end. Hal ini sah – sah saja selama itu tidak membahayakan hardware laptop yang digunakan.

Nah, jika anda adalah gamer yang kesulitan bermain game kelas menengah pada laptop low-spec, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips mengoptimalkan laptop sebelum digunakan untuk bermain game agar game berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Cara-Mengoptimalkan-Laptop-Sebelum-Bermain-Game

Cara-Mengoptimalkan-Laptop-Sebelum-Bermain-Game

Tips Mengoptimalkan Laptop Sebelum Bermain Game

1. Gunakan Game Booster

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh gamer untuk mengoptimalkan gamenya adalah dengan menggunakan software Game Booster. Software jenis ini akan membersihkan aplikasi – aplikasi yang berjalan di belakang layar dan membebaskan RAM anda untuk didedikasikan secara penuh pada game yang hendak dijalankan. Dengan kata lain, software Game Booster ini akan membuat game anda minim lag dan shuttering yang berpotensi mengganggu jalannya permainan. Sekarang ini sudah banyak software Game Booster di internet dengan berbagai kelebihan masing – masing.

2. Gunakan CC-Cleaner

Selain menggunakan Game Booster, anda juga bisa mengandalkan software pendukung lain seperti CC-Cleaner atau software Tune-up lain. Sama seperti Game Booster, software semacam ini juga berfungsi untuk membersihkan aplikasi – aplikasi dan sampah yang dapat mengganggu jalannya game. Sangat disarankan juga untuk melakukan Tune-up secara berkala untuk menghindari penumpukan Junk file yang dapat menghambat kinerja laptop yang tentunya dapat berdampak pada FPS game.

3. Atur Baterai

Belum banyak yang mengetahui bahwa pengaturan baterai dapat mempercepat performa game pada laptop. Caranya pun sangat sederhana, anda hanya perlu mengubah setting baterai dari power saver atau yang lain ke mode High Performance. Mode ini secara otomatis membuat baterai anda bekerja untuk performa tertinggi pada laptop.

4. Minimalisir Penggunaan Widget

Widget memang cukup berguna dan mampu mempercantik tampilan dekstop. Namun tahukah anda, bahwa widget dapat secara signifikan memakan RAM yang cukup besar. Oleh sebab itu, jika anda berencana ingin memainkan game berat, jangan lupa untuk meminimalisir atau kalau perlu hapus semua widget yang ada di dekstop agar RAM yang dimiliki dapat terfokus penuh pada game.

5. Maksimalkan Kinerja VGA

Jika laptop anda sudah dilengkapi dengan VGA AMD atau Nvidia tentu bukanlah suatu masalah, namun bagaimana jika Intel HD? Tentu saja hal ini cukup mengkhawatirkan mengingat VGA ini tidak dirancang untuk bermain game berat. Namun, ada satu cara untuk setidaknya meningkatkan VGA bawaan ini yaitu dengan masuk ke Graphics Properties (klik kanan), pilih Basic Mode klik OK, dan pilih Maximum Performance.

6. Pastikan Laptop Tidak Overheat Selama Bermain Game

Pastikan laptop selalu dingin selama bermain game agar game tidak lag dan yang paling utama agar tidak terjadi kerusakan hardware pada laptop akibat suhu yang terlalu tinggi. Gunakan kipas eksternal atau vacum cooling agar CPU selalu dingin.

Itu dia beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan laptop sebelum bermain game, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

xo laptop games, asus gaming laptop fiyatlari, asus game republic laptop, asus game pc laptop, asus game laptop review, asus game laptop price, apple laptop for gamers, aplikasi game laptop asus, amd radeon r7 laptop game debate, acer laptop games list, acer laptop game stores, acer laptop game south africa, acer laptop game free download, acer laptop game download, acer laptop game controller