Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan secara Efektif

Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan – Peredaran software bajakan bukan hal yang baru lagi. Bahkan seperti yang kita tahu, saat ini hal yang wajar jika dalam laptop atau komputer terdapat software bajakan. Bukan hanya dari internet kita bisa mendapatkan barang bajakan tersebut, tak terkecuali di mall pun, tak sedikit konter yang terang-terangan menjual berbagai macam CD yang isinya software bajakan.

Nah untuk itu, jika kita berniat membeli produk asli kita harus jeli, agar tidak menjadi korban penipuan. Untuk menambah wawasan anda seputar software asli, berikut telah kami rangkum informasi mengenai cara membedakan software asli dan bajakan.

Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

Tips Membedakan Software Asli dan Bajakan

1. Memiliki Tanda Dari Distributor Resmi

Jika anda membeli software asli Microsoft anda akan mendapatkan produk yang memiliki stiker antara dari PT. Astrindo Starvision, PT. Avnet Datamation Solution, dan PT. Synnex Metrodata Indonesia sebagai distributor resmi Microsoft. Jika tidak terdapat stiker tersebut maka kemungkinan software anda palsu.

2. Hologram Microsoft Genuine Bukan Stiker

Biasanya jika anda membeli laptop, maka di bodi bagian bawah akan terdapat hologram Microsoft genuine. Banyak yang mengira hologram tersebut stiker, tetapi hologram tersebut bukanlah stiker. Jika anda mendapatkan yang berbentuk stiker, maka software yang anda miliki bajakan.

3. Verifikasi di Website Microsoft

Anda bisa mengunjungi website resmi Microsoft. Anda cukup memasukan kode dari software Microsoft yang anda miliki. Jika informasi yang anda cari tidak keluar, maka bisa dipastikan bila software yang anda miliki palsu. Cara membedakan software asli dan bajakan dengan tehnik ini, informasinya sangat akurat.

4. Lakukan Pembelian Melalui Website Microsoft

Anda juga bisa membeli software Microsoft yang asli melalui website resmi Microsoft. Dengan begitu bisa dipastikan software yang akan anda dapatkan asli.

5. Kunjungi Website Cari Yang Ori

Anda dapat mengunjungi website Cari Yang Ori sebagai referensi. Di website tersebut anda akan mendapatkan edukasi mengenai cara membedakan software asli dan bajakan.  Website ini juga memberikan informasi terkait keuntungan dan kerugian menggunakan software asli atau bajakan.

6. Instalasi Software

Hal ini perlu anda perhatikan, jika anda membeli laptop dan komputer baru, biasanya anda akan di tawari untu menginstal sekalian di tempat. Sudah bisa dipastikan software yang teresbut adalah bajakan.

Sebagai informasi, harga Windows asli harganya diatas 1 jutaan. Nah, mahal, bukan? Tetapi tentunya manfaat yang akan anda terima sebanding dengan harganya.

7. CD Windows Asli

Anda hanya bisa menggunakan 1 CD di astu perangkat PC atau laptop saja. Anda tidak bisa menggunakan berkali-kali untuk beberapa perangkat. Jika anda inngin menggunakan di lebih dari 1 perangkat, anda harus membeli beberapa serial lisensi tambahan, untuk bisa menggunakanya di perangkat lain.

Sangat disarankan anda untuk menggunakan software asli, dibandingkan yang bajakan. Biasanya software bajakan dilengkapi dengan crack, keygen dan patch supaya software tersebut bisa menjadi seperti aslinya.

Seringkali crack, keygen dan patch di diteksi sebagai virus oleh antivirus. Mungkin saja memang crack, keygen dan patch tersebut adalah virus yang sengaja disisipkan untuk meretas data pribadi anda.

Menggunakan software bajakan berdampak merugikan, jika anda akan bepergian ke luar negeri. Ada peraturan oleh negara tertentu yang tidak membolehkan menggunakan software bajakan pada laptop yang dibawa. Jika ketahuan maka laptop anda akan ditahan oleh pihak yang berwajib.

Nah, semoga cara membedakan software asli dan bajakan diatas bisa anda gunakan sebagai referensi didalam membeli software yang asli.

Baca Juga:

perbedaan software windows asli dan bajakan, perbedaan software asli dan palsu, perbedaan software asli dan bajakan, perbedaan kerusakan software dan hardware, perbedaan factory unlock dan software unlock, perbedaan antara software asli dan bajakan, cara mengetahui iphone factory unlock atau software unlock, cara membedakan software original dan bajakan, cara membedakan software asli dengan bajakan, cara membedakan software asli dan palsu, cara membedakan software asli dan bajakan, cara membedakan software, cara membedakan kerusakan software dan hardware, cara membedakan factory unlock dan software unlock, beda software asli dan bajakan