Cara Melindungi dan Merawat Kulit Sensitif yang Benar

Merawat Kulit Sensitif РSebagian orang mungkin masih memiliki masalah tentang kulitnya yang sensitif. Orang-orang yang memiliki kulit sensitif cenderung rentan dengan berbagai permasalahan kulit. Biasanya orang-orang yang memiliki kulit sensitif ini rentan terserang jerawat, komedo ataupun wajah kemerahan. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak cara untuk melindungi dan merawat kulit sensitif, diantaranya adalah dengan menerapkan tips alami berikut ini.

Cara Melindungi dan Merawat Kulit Sensitif yang Benar

Cara Melindungi dan Merawat Kulit Sensitif yang Benar

Cara Melindungi dan Merawat Kulit Sensitif

1. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa sebagai pelindung kulit sensitif cukup mudah. Caranya aplikasikan minyak kelapa ke seluruh bagian wajah. Gunakan pada saat malam hari. Pijatlah wajah Anda saat menggunakan minyak kelapa dan bilas keesokan harinya.

2. Madu

Penggunaan madu untuk kulit wajah sensitif juga mudah. Caranya oleskan madu di keseluruhan wajah Anda secara merata, jika Anda memiliki air mawar, Anda boleh mencampurkan air mawar tersebut dengan madu dan oleskan di wajah Anda secara merata. Diamkan selama  lima menit dan bilas dengan air setelah itu.

3. Susu

Susu murni memiliki banyak manfaat salah satunya untuk merawat kulit sensitif. Caranya yaitu, gunakan kapas dan celupkan kapas tersebut ke dalam susu murni dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 5 sampai dengan 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Bubuk Kopi

Bubuk kopi juga penting sebagai perawatan wajah sensitif. Caranya yaitu campurkan bubuk kopi dengan sedikit madu. Tambahkan juga susu dan minyak kelapa pada bubuk kopi. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

5. Air Mawar

Cara menggunakan air mawar ini cukup mudah yaitu dengan mencelupkan kapas ke dalam air mawar. Lalu bersihkan wajah Anda dengan kapas tersebut. Air mawar ini juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah setelah memakai make-up.

6. Teh Hijau

Cara menggunakan teh hujau untuk masker wajah yaitu dengan merebus teh hijau terlebih dahulu sampai medidih. Lalu saring teh tersebut setelah dingin dan tambahkan sedikit madu. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air.

7. Mentimun

Cara menggunakan masker mentimun ini cukup mudah, yaitu hancurkan mentimun secukupnya lalu pakilah sebagai masker wajah lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air setelah itu.

8. Mangga

Mangga juga bagus digunakan sebagai perawatan alami kulit sensitif. Caranya yaitu parut atau blender buah mangga sampai halus. Campurkan air mawar, minyak kelapa dan madu secukupnya saja lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 menit dan bilaslah menggunakan air biasa.

9. Kentang

Kentang juga bisa digunakan sebagai masker wajah kulit sensitif. Caranya, kupas kentang sampai bersih, cuci dan hancurkan sampai lembut. Berilah beberapa tetes madu dalam kentang yang sudah lembut, ratakan dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air sampa bersih.

10. Pisang

Jika Anda adalah orang yang suka mengkonsumsi pisang, ada baiknya jika menyisihkan beberapa pisang yang Anda konsumsi untuk dijadikan masker. Pisahkan kulit pisang dengan buahnya lalu hacurkan sampai membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

11. Minum Air Jeruk

Perawatan dari dalam juga penting untuk melindungi kulit sensitif. Caranya, minumlah air jeruk, karena buah ini banyak mengandung vitamin C. Anda bisa meminumnya seitap hari di pagi hari dan pastikan Anda tidak memiliki penyakit lambung.

Nah, selamat mencoba, dan semoga kulit anda bersih terawat walaupun memiliki kulit sensitif.

Baca Juga:

tips merawat kulit yang sensitif, cara merawat kulit bayi yang sensitif, cara merawat kulit bayi sensitif, cara merawat kulit badan yang sensitif, cara merawat kulit badan sensitif, cara merawat kulit anak yang sensitif, cara merawat kulit agar tidak sensitif, cara merawat jenis kulit sensitif, cara menjaga kulit bayi yang sensitif, cara menjaga kulit badan sensitif, cara ampuh merawat kulit sensitif, cara alami merawat kulit wajah yang sensitif, cara alami merawat kulit wajah sensitif, bahan alami untuk merawat kulit sensitif, bagaimana cara merawat kulit yg sensitif