Cara Jitu Atasi Kecanduan Gadget Akibat Gaya Hidup Kekinian

Mengatasi Kencanduan Gadget – Gaya hidup kekinian merupakan gaya hidup yang serba instan. Kecanggihan teknologi yang kian melejit merupakan fakto utama penentu gaya hidup yang serba instan. Akibatnya kebanyakan orang susah mengatasi kecanduan gadget hingga akhirnya menjadi ketergantungan pada gadget sampai tidak bisa melakukan sesuatu jika tanpa gadget.

Sebenarnya hal ini bukan merupakan sesuatu yang buruk menyikapi makin canggihnya teknologi, namun idealnya, tetap harus ada batasan dalam menggunakan gadget saat beraktivitas sehari-hari. Jangan sampai menjadi pecandu gadget, karena akan berdampak pada hal buruk yang serius.

Cara Jitu Atasi Kecanduan Gadget Akibat Gaya Hidup Kekinian

Cara Jitu Atasi Kecanduan Gadget Akibat Gaya Hidup Kekinian

Ciri-Ciri Kecanduan Gadget yang Sebaiknya Anda Ketahui

1. Waktu Dengan Gadget Selama 12 Jam Atau Seharian Bersama Gadget

Memiliki waktu dengan gadget sangat lama, sampai gadget di cas sambil digunakan. Bahaya juga lo menggunakan gadget sambil di cas.

2. Kemana-mana Harus Ada Gadget

Jika kemanapun selalu tak bisa lepas dari gadget, bahkan ke toiletpun membawa gadget, maka hati-hati, itu tandanya anda sudah kecanduan gadget.

3. Enggan Bersosialisasi

Susah dan tidak mau berkomunikasi dengan sekitar. Penggila gadget akan menganggap bahwa berkomunikasi secara online lebih praktis dan mudah.

4. Tidak Menyentuh Pekerjaan Rumah

Karena saking gilanya pada gadget, sampai lupa pekerjaan rumah apa yang harus dikerjakan. Malas melanda hingga akhirnya pekerjaan kian lama kian menumpuk.

5. Pola Tidur Yang Buruk

Karena sudah ketagihan, maka jadi lupa waktu hingga lupa untuk tidur. Sampai akhirnya memiliki pola tidur yang terganggu dan memperburuk kesehatan.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

1. Berikan Batasan Waktu

Berikan batasan waktu bagi Anda untuk memegang gadget. Misalnya dalam sehari Anda hanya boleh memegang dan menggunakan gadget selama 4 jam saja. Kurangilah kegiatan Anda yang berhubungan dengan gadget. Terapkan mengurangi frekuensi penggunaan gadget. Terapkan batasan waktu ini secara wajar dan bertahap, agar diri Anda tidak merasa kaget.

2. Cek E-mail, WA atau Media Sosial dengan Porsi yang Wajar

Biasakan Anda mengecek sosial media atau e-mail pada waktu tertentu saja. Matikan paket data dan hidupkan kembali pada waktu-waktu tertentu saja. Hal ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda dalam membeli kuota atau membayar tagihan wifi. Manfaatkanlah penggunaan interet dan gadet sebijaksana mungkin.

3. Biasakan Memiliki Kesibukan Lain Selain Memegang Gadget

Janganlah Anda menggantungkan diri pada gadget semata. Biasakan Anda memiliki aktivitas di luar penggunaan gadget lebih lama daripada aktivitas penggunaan gadget. Jika Anda sebelumnya sangat menggantungkan diri pada gadget, ada baiknya dikurangi sedikit-demi sedikit dengan menerapkan kesibukan lain seperti memasak, berenang, membuat pernak-pernik sederhana atau kegiatan lain yang Anda sukai selain berhubungan dengan gadget.

4. Mulailah Untuk Bersosialisasi Dengan Sesama Dengan Porsi Yang Lebih Banyak Daripada Biasanya

Jika Anda selalu bersosialisasi lewat media sosial sebelumnya, maka dari sekarang, mulailah untuk keluar bersama dengan teman. Baik sekedar ngobrol atau curhat. Akan sangat baik jika Anda mengobrol tentang bisnis yang akan Anda rilis atau suatu mata kuliah atau mata pelajaran yang belum Anda mengerti. Tidak ada salahnya kan menyediakan waktu luang untuk sekedar ngopi dan mengobrol bersama teman?

5. Beraktivitaslah Diluar Dengan Porsi Yang Cukup Banyak

Jika Anda memiliki bisnis, setidaknya sibuklah untuk mengembangkan bisnis Anda. belajarlah untuk berkonsentrasi mengembangkan bisnis dengan menjauhkan gadget. Jika Anda belum memiliki bisnis, biasakan untuk beraktivitas di luar seperti olah raga, basket, lari atau pergi gym.

6. Pergilah Mendatangi Terapis/Psikolog

Jika Anda sudah benar-benar menggilai gadget dan solusi di atas tidak mebantu, maka ada baiknya jika Anda mendatangi ahli/terapis dengan segera dan menanyakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah Anda.

Nah, buat anda yang memiliki ciri-ciri mengarah ke pecandu gadget, maka sebaiknya lakukan tips-tips diatas untuk mengatasinya.