Cara Aman Browsing Internet

Cara Aman Browsing Internet – Tak bisa dipungkiri, di zaman yang serba canggih ini, internet sudah menjadi rumah kedua bagi sebagian besar masyarakat di dunia. Perkembangan internet yang sangat luar biasa membuatnya mampu membantu banyak kehidupan manusia mulai dari bersosialisasi, berkomunikasi, berbisnis, hingga mencari hiburan.

Namun bagaikan pisau bermata dua, selain memiliki beragam manfaat, internet juga menyimpan banyak bahaya yang mengancam. Seperti yang kita tahu, internet adalah media dari virus untuk menyebar, yang jika anda tidak hati – hati, maka virus – virus tersebut akan menginfeksi komputer anda dan yang lebih parah bisa mencuri data – data ataupun akun penting anda.

Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh sebab itu, disini kami akan coba membagikan beberapa tips aman saat berselancar di internet.

Cara Aman Browsing Internet

Cara Aman Browsing Internet

Tips Agar Aman Saat Berselancar Di Internet

1. Gunakan anti virus yang berkualitas

Tips pertama untuk berselancar aman di internet addalah bentengi komputer anda dengan anti virus yang berkualitas. Anda juga bisa menggunakan anti virus dengan fitur real time protection jadi komputer anda akan terlindungi selama 24 jam.

Jangan lupa juga untuk rajin mengupdate database agar antivirus selalu dapat mengenal setiap virus jenis baru yang berpotensi merusak sistem komputer anda.

2. Hati-hati mengklik iklan

Seorang hacker umumnya meletakkan virus mereka dibalik iklan – iklan yang menarik. Oleh sebab itu berhati – hatilah ketika melihat iklan yang sangat menarik bahkan cenderung tidak masuk akal. Besar kemungkinan iklan tersebut berisi virus berbahaya.

3. Hindari menggunakan downloader buatan situs download

Sebisa mungkin hindari penggunaan downloader dari situs – situs yang tidak kredibel. Biasanya downloader ini disusupi malware untuk merusak komputer anda. Jika ingin menggunakan downloader, sebaiknya gunakan saja downloader yang sudah terbukti kualitasnya dan banyak digunakan.

4. Pastikan browser anda selalu up to date

Browser versi lama banyak menjadi sasaran empuk para penjahat digital untuk menyebarkan virus – virus berbahaya mereka. Hal ini dikarenakan browser versi lama belum memiliki patch – patch dari developer sehingga banyak memiliki celah untuk dieksploitasi oleh hacker.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu mengupdate browser anda agar terhindar dari virus.

5. Gunakan sistem operasi terbaru

Konsepnya sama seperti browser, semakin lama sebuah versi OS, maka akan semakin banyak celah keamanan yang ditinggalkan. Untuk itu akan lebih baik jika anda selalu menggunakan sistem operasi terbaru seperti Windows 10. Pastikan juga sistem operasi tersebut original karena sistem operasi ori memiliki sistem keamanan yang lebih baik.

6. Jangan sembarangan membuka lampiran e-mail

Yang dimaksud disini adalah jika anda menerima e-mail yang aneh dan asing, maka jangan coba – coba membuka lampiran atau mengklik link yang ada di dalamnya. Karena selain dari iklan palsu, hacker juga sering menjadikan e-mail sebagai media penyebaran virus – virus mereka.

7. Hindari penawaran menarik dari situs mencurigakan

Jika anda sedang mengunjungi situs yang sedikit asing dan mencurigakan lalu ada penawaran menarik di dalamnya seperti iming – iming hadiah, layanan gratis, kupon, atau voucher, maka sebisa mungkin untuk segera keluar atau paling tidak jangan mengklik link tersebut. Besar kemungkinan itu adalah cara hacker menarik perhatian korbannya.

Nah, itu dia 7 cara berselancar aman di internet. Sebagai antisipasi kemungkinan terburuk jika komputer anda terserang virus, sebaiknya lakukan back up data – data penting secara rutin. Selamat mencoba.