Beberapa Candi Megah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Seperti yang kita tahu, kerajaan Majapahit berdiri dan berkuasa sejak tahun 1200an akhir  hingga 1500 masehi di nusantara. Dan menurut sejarah, kerajaan Majapahit mencapai zaman keemasannya dan menguasai hampir seluruh wilayah nusantara pada saat dipimpin Hayam Wuruk pada tahun 1350-1389.

Beberapa Candi Megah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Beberapa Candi Megah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Mengingat luasnya wilayah kerajaan majapahit pada saat itu, tak heran jika banyak peninggalan dari kerajaan tersebut, yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Dan salah satunya peninggalan berupa candi. Nah penasaran kira-kira candi apa saja yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit? Berikut ulasan selengkapnya.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

1. Candi sukuh

Candi sukuh merupakan peninggalan kerajaan majapahit yang terletak di desa berjo kab.karanganyar jawa tengah. Sejarahnya, candi sukuh pertama kali ditemukan oleh Johnson pada tahun 1815 saat masa pemerintahan kolonial inggris. Menurut sebuah kajian, candi ini didirikan pada abad ke-15 masehi. Candi ini terlihat begitu unik dan tergolong candi yang kontroversial karena arsitekturnya yang tidak biasa. Contohnya objek lingga dan yoni yang memiliki lambang seksualitas.

Struktur candi ini terbilang sederhana, namun sangat mencolok maknanya bagi para wisatawan karena termasuk yang paling menarik di jawa. Dan jika diperhatikan bangunan candi sukuh ini sama dengan candi inca pada suku maya.

Penasaran melihat lebih dekat candi sukuh? Anda cukup mengeluarkan kocek 10.000 rupiah dan khusus wisatawan asing sebesar 25.000. Cukup murah bukan?

2. Candi Cetho

Berikutnya ada candi cetho yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan majapahit yang bernuansa agama Hindu dan sekaligus candi terakhir yang dibuat oleh kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Candi cetho pertama kali ditemukan oleh Van De Vlies pada tahun 1842, yang kemudian penumuan tersebut disempurnakan oleh A.J Bernet melalui penelitiannya. Hingga akhirnya ditemukan banyak objek yang terpendam di sekitaran kompleks candi. Dalam penetian tersebut juga diketahui bahwa umur candi cetho ini tidak jauh dengan umur candi sukuh.

Secara keselurahan candi cetho mempunyai 13 teras, dimana terdapat banyak arca dan punden-punden di sepanjang anak tangga yang mengitari candi tersebut. Ditambah lagi dengan adanya puri yang biasa disebut puri sarasvati. Ingin berkunjung ke candi Cetho ini?  Anda cukup membeli tiket seharga 10.000 rupiah saja.

3. Candi Pari

Candi berikutnya yang juga merupakan peningalan kerajaan majapahit adalah Candi Pari. Candi ini terletak di daerah desa candi pari, kecamatan pororng, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. Berbeda dengan candi-candi peninggalan kerajaan majapahit lainnya. Mayoritas bentuk/desain arsitektur candi pari ini terpengaruh oleh kebudayaan campa dari Vietnam. Mengingat pada zaman dahulu kerajaan majapahit sudah menjalin kerjasama dengan Negara-negara asia tenggara. Hal ini terlihat dari kesenian-kesenian music tradisional yang hampir sama. Contoh saja kecapi china dan kecapi Indonesia.

4. Candi Jabung

Candi jabung atau biasa disebut bajrajinapramitapura. Candi ini terletak di desa Jabung, Paiton Probolinggo, Jawa Timur. Struktur candi jabung ini cukup berbeda karena bangunannya hanya terdiri dari batu merah tapi bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Nama candi Jabung diambil dari agama budha dalam kitab nagarakertagama, disebutkan dalam sejarah, candi jabung ini pernah dikunjungi oleh hayam wuruk saat lakukan perjalanan keliling jawa timur di tahun 1359 Masehi. Sedangkan bila merujuk dari kitab pararaton, konon candi jabung juga menjadi tempat pemakaman dari Bhre Gundal yang merupakan salah satu anggota kerajaan majapahit.

5. Candi Brahu

Candi Brahu adalah juga salah satu candi peninggalan kerajaan majapahit yang terletak di kawasan daerah arkeologi Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Nama Brahu diambil dari kata wanaru atau warahu. Nama ini berarti sebutan untuk sebuah bangunan suci yang ada dalam prasasi Alasantan.

Nah, itulah beberapa candi yang diyakini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.