Browser Opera 2017 – Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan Dan Kekurangannya Browser Opera 2017 – Buat para pengguna internet pastinya sudah tak asing dengan opera browser. Yup, browser opera bisa dibilang merupakan browser terbaik saat ini. Sehingga tak heran, masuk sebagai 5 besar browser dengan pengguna terbanyak di dunia.

Opera browser merupakan software browser yang diciptakan oleh Opera Software ASA yang berpusat di Olso, Norwegia. Dan perusahaan yang mengembangkannya  adalah Perusahaan Opera. Bersaing ketat dengan google chrome serta firefox, opera browser sampai sekarang masih menjadi pilihan terbaik, terutama untuk mereka yang sehari-hari berkecimpung dalam internet dengan paket data terbatas. Sebab dalam opera terdapat fitur menarik yang membuat penggunanya berselancar dengan hemat kuota.

Selain dapat digunakan di dalam komputer dan dekstop pastinya opera browser ini juga dirilis untuk smartphone mulai dari hp jadul java, symbian, android, dan sebagainya. Dan untuk yang versi mobile, browser opera populer dengan sebutan operamini. Untuk versi mobile ini, operamini merupakan browser paling populer dengan pengguna terbanyak, sebab diantara browser lainnya, operamini memiliki banyak sekali keunggulan. Selain ringan, penggunaanya mudah, dan tentunya sangat irit kuota internet.

Browser Opera 2017 - Kelebihan dan Kekurangannya

Browser Opera 2017 – Kelebihan dan Kekurangannya

Awal Mula Pembuatan Opera Browser

Menurut sejarahnya, dulu sebelum dirilis untuk umum, awalnya Opera browser ini dibuat hanya untuk  kepentingan penelitian oleh Telenor di Norwegia. Dan saat tahun 1995 browser ini sudah diganti nama menjadi Opera Software ASA Peramban. Browser ini pada saat itu sudah dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti, UNIX, Windows, Linux, Mac OS dan lain sebagainya.

Kelebihan dari Opera Browser

Setiap software pastinya tak ada yang sempurna. Dibalik banyaknya keunggulan pasti juga terdapat kelemahannya. Nah, berbicara mengenai keunggulan dan kelemahan browser opera, berikut ulasan selengkapnya:

  1. Resource memori yang cukup kecil jadi membuat ringan dan lebih cepat saat melakukan startup.
  2. Memiliki banyak pilihan bahasa, salah satunya terdapat bahasa Indonesia. Jadi sangat memudahkan para pengguna.
  3. Penginstallan yang cukup mudah jadi tidak sulit bagi pengguna pemula.
  4. Terdapat beberapa fitur keamanan yang sangat lengkap seperti, Malware Blocking, proteksi terhadap virus dan terdapat manajamen pengguna data yang dapat diatur secara manual.
  5. Memiliki kecepatan render cepat dan loading cepat yang dibandingkan dengan browser lainnya.
  6. Tersedia berbagai warna untuk tema pada browser yang menjadikan browser lebih menarik dan agar tidak mudah bosan saat menggunakan Opera browser.
  7. Opera browser sudah terintergrasi dengan IRC ( Internet Relay Chat ) yang didalamnya tersedia fitur untuk chatting jadi sangat memudahkan untuk berkomunikasi.
  8. Terintegrasi dengan server dan situs Bit Torrent, ini dapat memudahkan pengguna memakai fitur yang sudah terintegrasi dengan Bit Torrent jadi untuk donwloding konten. Jadi tidak lagi kesusahan jika ingin mendownload beberapa konten.
  9. Tersedia fitur Anti-Adblock untuk para pengguna yang terganggu akan beberapa iklan yang bermunculan saat membuka internet.

Kekurangan dari Opera Browser

  1. Seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya Opera browser memiliki kekurangan jika history dan bookmark terlalu banyak maka efek yang ditimbulkan yaitu akan lambat jika digunakan. Jadi rajinlah menghapus history dan bookmark.
  2. Tidak dapat melihat info pada halaman yang sedang dijalankan.
  3. Tidak dapat digunakan untuk merubah shortcut key.
  4. Tidak dapat digunakan untuk menghilangkan efek visual pada situs tertentu.

Nah itu dia ulasan mengenai keunggulan dan kelemahan browser opera. Semoga ulasan diatas bisa menjadi rujukan yang bermanfaat.