Ini 8 Bahaya yang Akan Mengancam Jika Membiasakan Tidur Setelah Makan

Bahaya Tidur Setelah Makan Yang Pasti Terjadi – Tentunya pernah kan, Anda merasa ngantuk setelah merasa kenyang atau makan sesuatu? Yup, memang rasanya, setelah makan paling enak  jika dilanjut dengan leyeh-leyeh sambil melamun, bahkan tidur. Kalau sudah begini, rasanya benar-benar merasakan kenikmatan hakiki di dunia. Wah wah,..

Namun, apakah Anda tahu, kebiasaan berbaring atau tidur ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Namun sayangnya, banyak orang menyepelekan hal ini. Padahal masalah ini bisa berbahaya.

Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa bahaya tidur setelah makan berikut ini. Silahkan disimak.

bahaya jika membiasakan tidur setelah makan

bahaya jika membiasakan tidur setelah makan

Bahaya Tidur Setelah Makan yang Sebaiknya Anda Ketahui

1. Kegemukan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila tidur setelah makan dapat meningkatkan berat badan serta meningkatkan resiko kegemukan. Hal ini dikarenakan makanan yang Anda konsumsi mengandung kalori sebagai bahan bakar Anda untuk melakukan aktivitas. Apabila tidak terdapat aktivitas yang dilakukan maka kalori tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan berat badan.

2. Stroke

Selain kegemukan, bahaya tidur setelah makan yang kedua adalah stroke.  Hal ini sesuai dengan  penelitian University of Ioannina Medical School di Yunani, yang menyimpulkan bahwa tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Penjelasan yang mungkin adalah, apabila Anda tidur setelah makan maka lemak dan kalori Anda konsumsi tidak akan terbakar sehingga dapat meningkatkan resiko penyumbatan di bagian pembuluh darah Anda. Penyakit yang mungkin muncul karena kondisi ini adalah jantung serta penyakit stroke.

3. Diabetes

Efek domino dari penimbunan lemak seperti penjelasan di atas adalah resiko terkena diabetes. Tidur setelah makan dianggap dapat memunculkan resiko terkena penyakit yang satu ini. Sehingga, apabila Anda tidak ingin terkena diabetes maka sebaiknya untuk tidak tidur setelah makan.

4. Memicu Naiknya Asam Lambung

Bahaya tidur setelah makan yang selanjutnya adalah memicu naiknya asam lambung. Posisi berbaring setelah makan dapat membuat organ penrcernaan Anda tidak bebas mencerna karena mengalami penekanan. Kondisi tersebut dapat meningkatkan asam lambung yang ditandai dengan gejala perih dan mual pada lambung.

5. Acid Reflux

Ketika Anda tidur berbaring, asam lambung Anda dapat mengalami kenaikan ke area kerongkongan atau bahkan tenggorokan. Efeknya, Anda akan merasa sakit dan perih di daerah kerongkongan maupun tenggorokan apabila bangun dari tidur Anda. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan bagi Anda untuk tidak berbaring setelah makan.

6. Heart Burn

Selain dapat menyebabkan acid reflux, kenaikan asam lambung juga dapat menyebabkan acid reflux yang ditandai dengan gejala perasaan tidak nyaman dan panas di bagian dada. Hal ini disebabkan karena asam lambung tersebut naik ke bagian rongga dada Anda ketika Anda berbaring setelah makan.

7. Gastophageal Reflux (GERD)

Setelah mengalami heart burn, kondisi lebih parah yang dapat muncul adalah adanya GERD ini. GERD dapat muncul apabila Anda sering mengalami heart burn karena tidur setelah makan. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter apabila sering mengalami heart burn untuk menghindari bahaya tidur setelah makan berupa GERD.

8. Pegal

Kondisi lain yang dapat muncul dari bahaya tidur setelah makan adalah merasa pegal-pegal pada tubuh. Mengapa? Karena setelah makan tidak terdapat aktifitas pada jaringan otot dan persendian sehingga dimungkinkan munculnya pegal-pegal pada tubuh.

Bagaimana, beberapa bahaya tidur setelah makan diatas cukup mengerikan bukan? Untuk itu, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan buruk tersebut ya.