Akan Melakukan Perjalanan Jauh? Cek Dulu 5 Bagian Mobil Ini

Cara Mengecek Kondisi Mobil Sebelum Berpergian – Mudik dan lebaran bisa dibilang merupakan dua hal yang sangat erat hubungannya dan hampir tidak bisa dipisahkan. Momen berkumpul bersama keluarga kembali ke rumah untuk sejenak melupakan penatnya kehidupan atau rutinitas pekerjaan memang selalu dinantikan pada saat lebaran tiba. Khusus bagi Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, tentu kesiapan dan keamanan mobil harus diperhatikan. Apalagi jika tujuan mudik Anda sangat jauh. Mobil Anda haruslah selalu berada dalam keadaan prima.

Dan buat Anda yang berencana mudik kali ini, pastikan Anda telah mengecek komponen-komponen mobil berikut ini, agar dalam perjalanan bisa lancar dan aman.

Akan Melakukan Perjalanan Jauh, Cek Dulu 5 Bagian Mobil Ini

Akan Melakukan Perjalanan Jauh, Cek Dulu 5 Bagian Mobil Ini

Bagian-bagian yang Harus Di Cek Sebelum Perjalanan Jauh

1. Cek Keseluruhan Mesin

Bagi Anda yang rajin merawat mobil Anda dan yakin bahwa mobil Anda dalam kondisi prima untuk dibawa perjalanan jauh, Anda cukup melakukan tune up mesin biasa. Anda dapat membersihkan karburator, menyetel klep, busi dan mengganti oli kendaraan Anda. Apabila Anda ingin meningkatkan tenaga kendaraan Anda,  caranya bisa dengan melakukan penyetelan karburator yang diantaranya adalah dengan mengganti setel klep, spuyer, dan main jet. Selain itu, saluran bahan bakar menuju ruang bakar sebaiknya juga diperiksa. Apabila  ring piston pada kendaraan Anda sudah menunjukan bukti-bukti sudah aus, sebaiknya segera ganti ring piston pada kendaran Anda.

2. Air Radiator

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk memeriksa kondisi air pada radiator mobil. Apabila diperlukan, kuras radiator dan ganti dengan air yang baru. Untuk peforma yang lebih maksimal, Anda dapat menambah cairan pendingin radiator.

3. Ban

Ban kerap kali dipandang sebelah mata dan sebelum dipakai hanya dicek sebatas menambah angin dan memeriksa tekanannya saja. Padahal, ada baiknya untuk mengecek kondisi ban secara menyeluruh karena jika sedikit saja ban terjadi masalah, hal-hal yang tai diinginkanpun bisa terjadi. Pertama, lihatlah apakah terdapat keretakan pada ban. Retakan ini biasanya muncul karena permukaan karet ban yang sudah lentur dan juga compound ban yang sudah mulai aus. Jika terjadi hal ini, alangkah baiknya untuk mengganti ban mobil Anda dengan yang baru.

4. Rem dan Kaki-kaki

Kaki-kaki mempunyai peran penting dalam menopang mobil pada saat melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, ada baiknya untuk memeriksa kelayakan komponen kaki-kaki seperti pelek, trantai, gir, dan bearing roda. Selain itu kampas rem juga harus Anda cek. Umumnya, kampas rem ini tidak harus sering-sering diganti. Sebelum perjalanan jauh Anda cuma harus membersihkannya dan mengecek ketebalannya. Tetapi apabila dirasa perlu, Anda sebaiknya juga mengganti kampas rem.

5. Lampu dan Sinyal

Walaupun terlihat tidak berpengaruh terhadap peforma mobil, lampu dan sinyal  khususnya lampu utama dan lampu sein adalah komponen penting dalam hal keselamatan berkendara Anda. Untuk memastikannya berada pada kondisi yang baik, Anda dapat memeriksa kembali sistem kelistrikannya khususnya pada sambungan kabel dan juga kondisi kabel, dan juga jangan lupa bohlamnya. Selain lampu utama dan lampu sein, berfungsinya klakson juga sebaiknya Anda perhatikan. Pastikan bunyi klakson sudah keras dan dapat didengar oleh pengemudi lain. Apabila tidak, sebaiknya perbaiki dulu klakson Anda sebelum memulai perjalanan jauh.

Itulah beberapa bagian mobil yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai perjalanan jauh. Pastikan Anda tidak mengabaikan hal-hal diatas, sebab ini sangat vital dan berpengaruh pada keselamatan Anda sekeluarga.

Baca Juga:

waktu pengisian air radiator mobil, air radiator buat mobil honda, air radiator buat mobil avanza, air radiator buat mobil, air radiator buat honda mobilio, air radiator ac mobil, air coolant radiator mobil yang bagus, air cadangan radiator mobil selalu berkurang, air cadangan radiator mobil cepat habis, air cadangan radiator mobil cepat berkurang, air cadangan radiator mobil berkurang, air buangan ac untuk radiator mobil, air ac untuk radiator mobil, air ac untuk mengisi radiator mobil, air ac buat radiator mobil