Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Cantik Di Kabupaten Jember

Air Terjun Watu Ondo РJika menyebutkan tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Jember, kebanyakan orang pasti akan mengenal Pantai Payangan atau Pantai Papuma. Ini tidak mengherankan mengingat kedua objek wisata tersebut memang sudah sangat berkembang dan terkenal di kalangan wisatawan. Tetapi, yang harus dipahami disini adalah objek wisata yang ada di Kabupaten Jember itu tidak hanya berupa pantai saja, karena Kabupaten Jember ini memiliki objek wisata yang cukup banyak dan beragam, baik itu yang berupa taman, kebun, pemandian maupun air terjun.

Nah, berbicara soal air terjun nih, di Kabupaten Jember ada satu air terjun yang dinamakan dengan Air Terjun Watu Ondo, yang banyak menobatkannya sebagai surga yang tersembunyi di kawasan Jember Selatan. Nah penasaran akan keindahan dari air terjun ini? Langsung saja silahkan simak ulasan berikut.

Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Cantik di Kabupaten Jember

Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Cantik di Kabupaten Jember

Lokasi Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo ini terletak di wilayah selatan Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Tempurejo dan masih termasuk juga dalam kawasan TNMB atau Taman Nasional Meru Betiri. Tetapi, bila Anda hendak datang ke air terjun ini, kami sarankan agar Anda menggunakan motor saja dibandingkan menggunakan mobil, karena jalanan menuju ke lokasi lebih cocok jika ditempuh menggunakan motor.

Perjalanan Menuju Air Terjun Watu Ondo

Bila Anda memulai perjalanan Anda dari pusat kota Jember, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan Anda menuju ke selatan, ke Kecamatan Tempurejo dengan tujuannya langsung ke Perkebunan Kotta Blater. Namun, bila Anda menggunakan jalur selatan, Anda bisa langsung menuju ke pusat Kecamatan Ambulu lalu silahkan Anda ambil jalan yang ke arah timur dan ikuti penunjuk jalan yang menuju ke Perkebunan Kotta Blater.

Bila Anda sudah memasuki kawasan perkebunan, Anda akan melalui beberapa portal. Jangan khawatir, Anda hanya perlu menjelaskan maksud kedatangan Anda dengan sopan pada petugas. Tetapi jangan heran ya, karena jalanan yang ada di dalam perkebunan akan sangat berbeda dengan jalanan aspal yang sebelumnya Anda lalui, dimana jalanan di dalam perkebunan adalah jalan tanah dan berbatu. Pun begitu, Anda nanti akan dikawal oleh pemandangan hijau khas perkebunan.

Dari pintu masuk perkebunan ini Anda harus menuju ke Desa Afdeling Terate, lalu titipkan motor Anda di rumah warga yang ada di sana untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kenapa motor harus dititipkan? Karena setelah Anda sampai di Desa afdeling Terate, jalanan menuju ke air terjun akan semakin sempit dan tidak memungkinkan untuk dilalui dengan kendaraan.

Keistimewaan Air Terjun Watu Ondo

Apakah Anda berpikir untuk menuju ke Air Terjun Watu Ondo membutuhkan banyak usaha? Ya, itu memang benar, tetapi Anda akan mendapatkan yang sepadan begitu Anda sudah sampai di lokasi. Dan berdasarkan beberapa sumber menyebutkan bahwa Air Terjun Watu Ondo ini sumber airnya berasal langsung dari gunung loh.

Di lokasi ini terdapat tiga air terjun sekaligus dengan nama yang berbeda, dimana nama-nama ini diberikan berdasarkan bentuk batuan. Air terjun yang pertama diberi nama Air Terjun Gedhek. Gedhek dalam bahasa Jawa artinya adalah anyaman bambu, dan air terjun ini diberi nama demikian karena memang batuan tempat mengalirnya air itu lebar. Air terjun ini adalah air terjun yang paling tinggi yakni sekitar 8 meter. Arus air disini tidak terlalu deras dan terdapat kolam yang cukup luas serta dalam di bawahnya, sehingga sangat memungkinkan Anda untuk berenang disini.

Kemudian yang kedua adalah Air Terjun Watu Ondo dimana aliran utama air hanya selebar 1 meter dengan kedua tepian yang agak tinggi sehingga terkesan seperti tangga yang biasa digunakan untuk memanjat. Air terjun ini lebih pendek dibandingkan air terjun yang pertama, dimana ketinggiannya hanya berkisar 4 meter saja. Dengan kolam penampungan air yang cukup luas serta kedalamannya yang hanya berkisar 1,5 meter, tentu Anda bisa berenang dengan bebas di sini.

Selanjutnya adalah air terjun yang terakhir, yakni Air Terjun Watu Mejo. Air terjun yang satu ini batuannya berbentuk kotak menyerupai sebuah meja. Air terjun ini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras sehingga cocok untuk Anda yang ingin berenang.

Nah, itulah segala pesona Air Terjun Watu Ondo yang ada di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember ini. Jadi, kapan Anda hendak mengunjungi air terjun yang berada jauh dari keramaian kota ini?

Baca Juga:

wisata air terjun watu ondo pacet, air terjun watu ondo kabupaten jember jawa timur indonesia, air terjun watu ondo kabupaten jember jawa timur, air terjun watu ondo kabupaten grobogan jawa tengah, air terjun watu ondo jogja, air terjun watu ondo jember, air terjun watu ondo hutan mojokerto jawa timur, air terjun watu ondo grobogan, air terjun watu ondo di mojokerto, air terjun watu ondo di cangar, air terjun watu ondo cangar, air terjun watu ondo batu, air terjun watu ondo ambulu jember, air terjun watu ondo ambulu, air terjun watu ondo