Air Terjun Telun Berasap, Bagian dari Taman Nasional Kerinci yang Masih Asri Namun Tersembunyi

Air Terjun Telun Berasap – Banyak orang asing yang terpukau dengan keindahan Indonesia. Bukan hanya dari segi kekayaan budaya, kuliner dan keramahan penduduknya saja, tetapi juga pada aneka objek wisata Indonesia yang memang sangat mempesona, entah itu objek wisata buatan maupun objek wisata alami. Tetapi, berbicara soal objek wisata alami nih, kali ini kami akan memperkenalkan satu objek wisata berupa air terjun di Jambi yang sekarang sudah berhasil menarik minat para traveler, dan namanya adalah Air Terjun Telun Berasap. Ada apa saja di Air Terjun Telun Berasap ini? Langsung saj simak review singkat kami berikut ini ya:

Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap

Lokasi Air Terjun Telun Berasap

Nama Air Terjun Telun Berasap disesuaikan dengan nama desa tempat air terjun ini berada, yakni Desa Telun Berasap yang ada di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika hendak diukur dari Kota Jambi, jarak yang ada diantara keduanya terpaut sekitar 500 km, sedangkan jika dari Kota Padang, hanya sekitar 200 km.

Cara Menuju Air Terjun Telun Berasap

Untuk bisa mencapai Air Terjun Telun Berasap, Anda bisa menempuh jalur darat baik dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa maupun kendaraan umum. Ada 3 alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu:

  1. Mulai dari Kota Jambi, Anda bisa langsung menuju ke Sungai Penuh yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Kerinci, dengan waktu tempuh yang diperlukan sekitar 10 jam
  2. Mulai dari Kota Padang, silahkan menuju ke Tapan, lalu lanjutkan ke Sungai Penuh dengan lama waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 7 jam
  3. Mulai dari Kota Padang, lalu silahkan Anda menuju ke Muaralabuh lalu lanjutkan ke Kersik tuo dengan lama waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 6 jam

Begitu Anda mencapai pintu masuk kawasan, Anda bisa langsung menuju ke tempat parkir untuk memarkirkan kendaraan di sana. Setelah itu, Anda masih harus melanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan kaki untuk melintasi jalan berupa tangga menurun yang sudah disemen.

Nah, jarak yang harus Anda tempuh dengan jalan kaki ini jauhnya kira-kira 300 meter dan pastikan Anda menggunakan alas kaki yang mendukung karena tangga-tangga tersebut meskipun sudah disemen kondisinya cukup curam serta licin. Nah, ada jalur pergi dan jalur kembali terpisah sehingga dijamin Anda tidak perlu berpapasan di tangga, dan jika Anda merasa lelah, Anda bisa beristirahat di shelter yang bisa Anda temukan di tiga lokasi.

Keistimewaan Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun telun Berasap adalah air terjun yang bersumber dari Sungai yang hulunya adalah Danau Gunung Tujuh, dimana seperti yang kita ketahui danau ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Nah, air terjun yang tingginya mencapai 50 meter ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci, dan letaknya tersembunyi di tengah-tengah hutan taman tersebut. Debit airnya juga sangat besar, sehingga jatuhan air seolah menciptakan kabut air di sekelilingnya dan oleh penduduk setempat kabut air ini kemudian disebut sebagai asap.

Lalu, bagian istimewanya adalah, jika kabut air yang melayang tersebut terkena cahaya matahari, maka pengunjung akan melihat cahaya yang berwarna-warni bagaikan pelangi.

Ada sebuah gua di balik Air Terjun Telun Berasap ini, namun sebaiknya Anda tidak mencoba untuk masuk ke dalamnya karena jatuhan air sangat deras dan banyaknya batu karang di sekitar air terjun sehingga cukup berbahaya untuk keselamatan Anda.

Nah, itulah review kami mengenai Air Terjun Telun Berasap, semoga informasi singkat yang kami bagikan itu bisa menjadi referensi untuk Anda.

Baca Juga:

tinggi air terjun telun berasap, legenda air terjun telun berasap, goa dibalik air terjun telun berasap, gambar air terjun telun berasap, foto air terjun telun berasap, asal usul air terjun telun berasap kerinci, asal usul air terjun telun berasap, asal mula air terjun telun berasap, air terjun telun berasap telun berasap kabupaten kerinci jambi, air terjun telun berasap kerinci regency jambi indonesia, air terjun telun berasap kerinci regency jambi, air terjun telun berasap kerinci jambi, air terjun telun berasap kerinci, air terjun telun berasap kabupaten kerinci jambi, air terjun telun berasap jambi