Agar Mendapat Nikmat Maksimal, Minumlah Kopi di Waktu yang Tepat Ini

Cara Minum Kopi Yang Nikmat – Kopi, minuman yang saat ini menduduki peringkat tertinggi sebagai jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang dewasa. Selain rasanya yang nikmat, ternyata kopi juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Eits, tapi untuk mendapatkan khasiat tersebut, kopi harus diminum di waktu yang tepat Mengapa begitu? Karena jika tidak diminum di waktu yang tepat ternyata kopi justru akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah menghambat metabolise dan merusak jam biologis tubuh.

Agar Mendapat Nikmat Maksimal, Minumlah Kopi di Waktu yang Tepat Ini

Agar Mendapat Nikmat Maksimal, Minumlah Kopi di Waktu yang Tepat Ini

Tips Minum Kopi Diwaktu Yang Tepat

1. Kopi Memang Nikmat Diminum di Pagi Hari

Pagi – pagi ditemani dengan secangkir kopi memang terasa sangat nikmat. Sambil bersantai dengan membaca koran atau menunggu jam untuk berangkat ke kantor atau kampus memang tepat dengan menikmati kopi. Tahukah kamu bahwa menikmati kopi di pagi hari dapat merangsang zat dopamin dalam tubuh? Apa itu zat dopamin? Zat dopamin sendiri berfungsi sebagai pusat kesenangan dalam otak. Tak hanya itu, zat dopamin juga mampu mencegah depresi dan penyakit psikologis. Gimana? Hangatnya kopi di pagi hari memang sangat nikmat bukan dan tentunya bermanfaat bukan?

2. Hindari Minum Kopi Setelah Bangun Tidur Ya

Meskipun nikmat diminum di pagi hari, jangan pernah sekali – kali mencoba meminumnya setelah kamu bangun tidur ya. Karena setelah bangun tidur hormon kortisol yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran kita dan membuat kita tidak mengantuk lagi sedang diproduksi dengan tingkat yang tinggi sehingga jika berinteraksi dengan kafein akan menyebabkan kita mudah lelah dan mengantuk di siang hari. Menurut Steven Miller, waktu yang sangat tepat untuk minum kopi adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya yaitu sekitar pukul 09.00 – 12.00. Kopimu akan semakin bermanfaat ketika kamu meminumnya di jam – jam ini. Bagaimana? Mau mencoba?

3. Setelah Makan Siang Juga Nikmat Untuk Minum Kopi

Waktu istirahat makan siang juga menjadi waktu yang tepat untuk meminum kopi. Aktivitas selama setengah hari yang menguras tenaga tentunya membutuhkan moodboster lagi untuk mengembalikan tenaga kembali penuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa meminum kopi setelah makan siang akan menghilangkan rasa lelah dan jenuh. Karena zat kafein yang terkandung pada kopi dapat meningkatkan konsentrasi, menghilangkan kantuk dan meningkatkan daya kognitif. Kamu yang masih banyak kerjaan setelah jam makan siang, coba deh untuk minum kopi dulu. Dijamin, tenagamu akan kembali penuh lagi dan kamu akan bersemangat menjalani aktivitasmu.

4. Hati-Hati Saat Minum Kopi di Waktu Malam

Tahukah kamu bahwa ternyata minum kopi di malam hari sangatlah tidak tepat. Kebiasaan minum kopi di malam hari akan menganggu jam biologis tubuh sehingga kita akan sulit tidur dan badan akan terasa capek ketika bangun di pagi hari. Jika kamu ingin tetap minum kopi di malam hari, sebaiknya minumlah 6 jam sebelum tidur. Terkadang sesekali kita juga membutuhkan konsumsi kopi di malam hari, misalnya saja ketika harus lembur di kantor, menyelesaikan tugas kuliah atau memang ada aktivitas yang harus dikerjakan di malam hari. Hal ini tidak masalah karena kopi dapat membuat kita terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tapi ingat, jangan jadikan hal ini menjadi kebiasaan ya.

Sudah tau kan waktu – waktu mana saja yang tepat untuk minum kopi? Nah, jangan lagi sembarangan ya untuk menikmati si hitam masnis ini.